Diary Pacaran

Thursday, October 30, 2014

Apartemen Atau Rumah??

Source: Here
Topik ini lagi jadi pembahasan kami berdua beberapa hari terakhir. Kalau ditanya sekarang, jujur Py lebih sreg untuk milih apartemen (apt), pemikirannya sih cuma satu yah "Py gak mau tua dijalan"!!. Tapi Ai mau langsung beli rumah dengan alasan kalau sudah punya anak rasanya akan ribet kalau tinggal di apt. Apalagi kami memang memiliki rencana untuk punya anak lebih dari 1. Kalau apt nya cuma yang 1 kamar terus anak yang lain tidur dimana?. Dengan dana yang ada  otomatis cuma sanggup untuk apt 2 kamar. Iya juga sih kalo dipikir-pikir memang butuh pengorbanan yah. Sekarang yang mana yang mau dikorbankan masih jadi pertanyaan.

Mungkin karena tumbuh besar didaerah yang kemana-mana dekat, ke sekolah bisa diantar Papa setiap hari sebelum beliau ngantor, pas makan siang Papa Mama masih bisa pulang kerumah dan bahkan tidur siang sebentar, pulang kantor gak sampe malam banget bikin Py ingin ngerasain hal itu juga. Meski untuk urusan pulang pas makan siang adalah hal yang mustahil ya di Jakarta. Kecuali kalau Py dapat apt di Ratu Plaza nah itu baru bisa *mimpi*. Py maunya masih bisa main bareng anak-anak bentar sebelum antar mereka ke sekolah. Masih bisa punya waktu-waktu berkualitas dengan keluarga meski kami berdua kerja. Masih bisa siapin sarapan dijam yang masuk akal *lirik temen kantor yg bangun jam 3 subuh ut masak*.. Ahh.. Cita-cita yang mulia bukan?.

Dari pembahasan panjang soal milih apartemen atau rumah ini berikut beberapa hal yang menjadi pertimbangan kami:

1. Kalau lebih memilih apt berarti kami kerjanya juga harus gak terlalu jauh dari kantor. Ya kalau kantor di Fatmawati dan apt di Gading sih sama aja yah. haha.. Dan saat ini lokasi apt yang masuk dalam jangkauan kami jelas yang ga terlalu jauh dari Jl. Sudirman atau Tomang. Konsekuensi: Harga apt yang makin hari makin mahal.

2. Kalau lebih memilih rumah:
A. Salah satu harus keluar (resign) dari kerjaan sekarang dan mencari pekerjaan yang berlokasi didekat rumah. Konsekuensi: Resign dan nyari kerjaan baru ga gampang.

B. Beli rumah yang tidak terlalu mahal diluar Jakarta lalu kontrak rumah yang berlokasi dekat kantor. Konsekuensi: Double cost.

C. Beli rumah diperumahan yang jaraknya ga terlalu jauh dari Jakarta yang ada fasilitas shuttle bus yang lewat depan kantor. Konsekuensi: Harga rumah yang ada fasilitas tersebut sudah diangka yang fantastis.

Atau kalu mau ekstrim, ya kami keluar dari Jakarta pindah ke daerah yang gak seruwet Jakarta. Tapi ini pun pertimbangannya tetap saja asal ketemu perusahaan dengan upah yang lebih oke dari sekarang.

Fiuhhh.. Sampai saat ini masih belum dapat kesimpulan mau yang mana. Padahal tahun depan rencana sudah mulai ngajuin pinjaman ke Bank untuk tempat tinggal. Tapi hari-hari ini kami terus bawa dalam doa, kemana Tuhan mau bawa kami kesitu kami pergi dan tinggal.

Kalau kamu, lebih milih apartemen atau rumah? Alasannya? *sekalian minta masukan* Hihi..

51 Comment:

  1. karna sekarang gw punya nya apartemen yah gw lebih milih tinggal di apartemen.. wkwkkw.. Kalo gw apartemen buat batu loncatan sih Py, nti tunggu harga apartemen gw melambung naik harganya , karena sekarang udah naik, gw jual dan duitnya gw buat beli rumah. Lagian gw juga masih ber dua doank, jadi apartemen masih pilihan yang baik. hahhaa. Kalo udh punya anak, gw pasti beli rumah juga.. semangat Py, mau rumah atau apartemen yang penting ada tempat bangun keluarga untuk u berdua.. bawa dalam doa Py, gw juga dulu bawa dalam doa untuk apartemen gw..hehhee..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya yah Na, mikirnya setelah itu apt juga bisa disewain yah.. Makasih banyak yah Na masukkannya :D Sangat mencerahkan :)

      Delete
  2. Iya py mending beli rumah sih kalo menurut gw..tapi ya itu...harga rumah jaman sekarang luar biasa yaa...harganya uda ember-emberan..lol

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hooh Rib, mahal banget. Adapun yang terjangkau ya gitu.. Lokasinya jauh.. huhuhu. :(

      Delete
  3. wahh wah wahhh....*ikutan mikir....hahahhaa, pening juga py urusan tempat tinggal yaa...memang sih sebaiknya rumah, kalo nanti punya anak bisa lebih leluasa dan kagak kekungkung di lingkungan apartemen yang biasanya terbatas. eh tapi gak tau juga sih yaaa...kan gua belom pernah tinggal di apt, itu mah bayangan gua aja py..hehehe.Sepertinya tinggal di apt asik juga, serba praktis. Duitnya aja yang gak praktis. Maap yaa ga bisa kasih masukan.....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sebenarnya ga akan pening kalo duitnya bejibun ci Yan..hahaha :p Iya ya ci enak kalo rumah anak bisa leluasa mainnya.. :D Hahaha. Gpp ci, udah jadi masukan kok itu buat Py.. Makasih yah :)

      Delete
  4. Pertimbangkan juga perawatan. Buat gw, merawat apartemen lebih mudah dari merawat rumah: roof, pekarangan (kebetulan, gak suka gardening juga), persediaan air bersih, dll.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul juga, makasih yahh sudah kasih masukan :)

      Delete
  5. aku kayaknya klo di Jakarta, lbh pilih apartemen deket kantor Abi (ato kos ajalah, toh di Jakarta cm bentar).
    kasian dia, jomplang amat kan ngerasain padatnya jalan raya dari Surabaya (padat) ke Sydney (lengang) dan lalu ke Jakarta (superduper padatmerayap).

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya yah mem.. Bisa jomplang bgt kalo ama Sydney :D Betul mem, kalo cuma bentar emang apt lebih praktis yah. :)

      Delete
  6. Klo gw yaa py...hmm pegimane yaa gw lbh milih rumah sih py, tp yaa klo rumah di tengah kota yoaa harganya berpuluh2 ember kan, makany gw skrng milih ngontrak hahhaha sambil ngumpulin buat beli rumah karna gw ngotot ndk mao pindah kerja hahahha lagian apartemen ndk pernah masuk dalam pembahasan gw ma budi wlpn gw mupeng jg tinggal di apartemen kek keliatannya kece yaa hahahha...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nanti abis nikah pasti ngontrak dulu sih Mir..hihihi.. Soale mikirnya walaupun udah mulai nyari2 rumah atau apt pasti kan ga bisa lngsg ditinggali kan :D Hahaha.. Kece yah Mir di apt :p Kabar2in gw yak Mir kalo ada kontrakan dgn harga ok :D

      Delete
  7. nah ini nih emang salah satu hal yang memusingkan juga ya kak py.. kalo aku sih kalo baru banget married apalagi 22nya kerja, pasti lebih prefer apartment dulu. apartment yang sekamar 2 kamar kan masih lumayan ya harganya atau kost yang lebih besar buat berdua & lokasinya masih strategis. tapi sembari nabung2 untuk beli rumah, nanti kalau udah punya anak baru deh beli rumah. eh tapi kalau rejekinya emang udah ada sih mending sekalian beli rumah hhihihih.. setuju kak py bawa dlm doa aja nanti pasti dikasih keputusan yang paling baik buat berdua :))

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Re, itu juga tabungan sbnrnya masih minim sih. Cuma mikir bonusan tahun depan (yg gak seberapa itu) mau lgsg dialokasikan ut kebutuhan tempat tinggal. Semogalah yah masih bisa kebeli hihih :D Kudu banyak nabung nih..

      Delete
  8. Kl gw prefer rumah Py, tapi memang semua ada plus minusnya sih. Kl rumah ya paling agak di pinggir Jakarta itu pun angkanya udah fantastis rata2. Jadinya ya memang pasti tua di jalan T_T
    Tapi kl masih kerja di Jkt memang better apt biar hemat waktu di jalan. Stress gila macet2an pagi dan malem belum di rumah jg ada kewajiban yg harus dilakukan kan ya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pilihannya kayaknya emang cuma itu yah Mar :(( Ujung2nya tua dijalan.. Terus dinyanyiin sama org dikampung "Sapa suruh datang Jakarta... Sapa suruh datang Jakarta..." Haha :D

      Delete
  9. apapun pilihan nya, sama2 ada plus minus ya pypy. dicari yg paling mendekati sama letak kantor, kebutuhan & kesiapan dana. hehehe.
    bantu doa ya pypy, biar dapet yg terbaik untuk kalian berdua. amiiiiin..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kesiapan Dana memang yg megang peran penting yah Chyn :p Makasihh banyakk sayang.. Aminn aminn..

      Delete
  10. kl di Jakarta kayaknya milih di Apartment aja yang lokasi nya winning, lebih privacy jg dan ga ribet sama tetangga. Fasilitas apartment jg kan skrg asik, ada swimming pool segala, ok buat anak2 :)

    u never know Py, sapa tau ngajuin credit ke bank sesuai dengan budget apartment 2 kmr di Jkt :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Fasilitas di apt emang ok banget skrg Fe.. Bikin makin ngiler..haha :D

      Iya yah amin ya Fe :D

      Delete
  11. apartemen itu mahal di biaya bulanannya lho py... biaya maintenance, air, dan listriknya jauh lebih mahal drpd rumah. Jd, mendingan beli rumah agak jauh gpp, istri ngalah cari kerjaan yg deket rumah dengan gaji yg lebih rendah, tapi suami tetep kerja dimana aja asal duitnya kenceng hahahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terus gw bingung Mel..haha.. Mungkin beda2 apt kali yah Mel? Ada yg bilang malah mahalan rumah..xixixi :D Sambil survey2 lah yah.. Makasih masukannya yah Mama Grace :* Iya nih, so Ai kudu nyari kerjaan yg lebih kenceng dr yg skrg.. ahhaha :p

      Delete
    2. kayanya beda lokasi harga maintenance mempengaruhi juga py.

      apartemen gua termasuk murah yah. air sebulan 70rb. listrik gua pake voucher 1 bulan 100rb. maintenance yang 300rb tapi harus bayar 6 bulan sekaligus. parkir motor bulanan 100rb sisanya gak ada. cuma bayar itu doank.

      Delete
    3. Iya yah Poy, lokasi juga menentukan yah :D

      Terjangkau banget yah Poy tempatmu, thank you infonya :D

      Delete
  12. pemikiran gw sama kayak tiana sih py,,berhub saat ini udh ada apt, jadi gw prefer ke apt py,,tinggal di apt juga gak akan puluhan tahun kok,,lu masih bisa saving untuk nabung beli rumah, 3-5 th cukup lah buat hidup hematttt di apt,,,setelah itu bisa dijual lagi buat tambahan DP rumah py,,
    lagipula kalo pny apt deket kantor bikin produktivitas and semangat kerja meningkat py,,ga capekkk,,kyk si bear, apt qt ke kantornya si bear cuma 10menit naik sepedaaaa,,dia seneng bangettt,,semangat kerja meningkat lah,,hahaha,,

    cuma memang klo sudah ada dana lebih, hayukk atuh cari rumahhh,,punya rumah memang jadi tujuannn semua orang,,

    selama kalian hidup bahagia berdua, dan bisa menikmati waktu dari matahari terbit sampe terbenam di kediaman kalian, mau apt atau rumah yg penting kalian punya tempat berteduh dari panas, ujan dan cuaca buruk sekalipun,,semangat ya py,,keputusan mu yang terbaik lah,,^-^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Thank you yah Cath :) Iya sih semua ada pertimbangannya :D Makasih yahh Cath :)

      Delete
  13. Py, gua juga setuju sama si animous itu. hehehe.. untuk sekarang ini kalau memang ada dana buat apartemen deket kantor, lebih baik apartemen. gak buruk juga kok tinggal di apartemen *walau belum beli rumah*. :) kadang apartemen simpel aja. gak kebanjiran, gak bocor *kalaupun iya, ada org yg standyby buat betulin* trus perawatannya mungkin gak sebesar rumah. ini yang pertama.

    Kedua, seiring dengan waktu, kita juga harus pesimis kalo kita bisa beli rumah. :D jadi jgn merasa "wah ini bakalan seumur idup di apartemen". apartemen nanti bisa dijual atau disewa. bisa buat nambah2 beli rumah juga py.

    Itu yang gua pikirin selama ini sama jp. at least kalian punya tempat tinggal dulu, daripada kalian mikirin harga rumah yang gak masuk akal. ya toh? hhihihihihi..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wihhh.. Mak Epoy kalo dah ngomong mang paling bisa bikin hati adem dah.. :D Iya Poy, gw makin yakin pengen apt nih.. Smoga bisa dapat kesepakatan lah ma Ai soal yg ini. Untuk awalnya sih tetep pengen ngontrak rumah dulu Poy sambil nyari2.. Fufufu.. Semangatt :D Tar ekeh PM yak pen nanya soal ini..hihi

      Delete
    2. optimiss poy. ahahah.. pesimis mahh makin rendah diri. hehehe.. *maap ga penting*

      Delete
  14. Klo gw blg gpp beli aprtmen dl py, nanti brjalannya wktu smbil nabung kalian bs beli rmh.. + - memang, cb u jabarin lbh banyak yg menguntungkan yg mana,, hehe..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahah :D Ini essay penjabaran dikumpulin kapan Miss? :p Iya Jur, cuma terus ternyata gw salah itung2an..haha.. Semalam udah ceki2 harga apt ternyata sudah jauhh naik dr harga yg gw prediksi awal.. Jadi ya tetep mesti tambah nabung lagi..huhuh..

      Delete
  15. Secara perawatan memang lebih simple kalau tinggal di apartemen, secara gw sempet nyewa apartemen hampir setahun. Tapi ya kalau secara biaya memang bikin nyesek juga hehe. Tapi kalau berdua sih memang lebih enak tinggal diapartemen, mungkin kalau nanti kalau udah ada anak ya gw saranin tinggal di landed house aja. Semangat sampe hari H ya Py, salam kenal 

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi Nola, salam kenal yah :D *bingung mo manggil apa jadi lgsg ke blog mu liat nama* hehe..

      Ujungnya kayaknya kalo dah punya anak enakan di rumah biasa yah.. Makasih yah Nola masukkannya :D

      Delete
  16. gw sama kaya u Py latar belakangnya, kebetulan ikut ortu yg lokasi rumahnya strategis bngt kemana2 di jakbar, sekolah n ke pasar jalan kaki, kekampus grogol cukup 10 menit (tanpa macet), ke mall juga masih deket lah bangsa CL, CP, TA ga sampe setengah jam :)
    masalahnya ga selamanya bisa numpang tinggal ma ortu (dan rumah mereka juga udah ga layak buat gw tumpangin sampe tua, sizenya kecil hehe) makanya gw juga nyari2 tempat tinggal baru nih, dan dilemanya persis kaya u.. bukan hanya mikir kalo mau merid yah, tp utk ukuran seumur kita dan udah kerja dan belom punya tempat tinggal, pasti kerja keras skrg mikirnya kearah situ :)
    kalo dr budget sih skrg mau rumah harus KPR yg lokasinya pinggiran, kalo mau apt mgkn masih dpt yg agak tengah kota dan sizenya kecil hehe
    gw sih berharap dapet rumah yg ukurannya kecil aja (biar ga repot beres2nya kalo kegedean) yg lokasinya tengah kota dan deket kekantor tp ga msk budget gmn donk wkwkw
    semangat yah Py, moga rejekinya lancar terus dan segera dpt tempat tinggal idaman :)
    nanti kalo dapet sharing2 donk, gw kmrn nemu sih rumah KPR sebulan 6 juta tapi lokasinya jauh bngt di serpong :D ntr kl gw nemu yg oke investnya gw kabarin deh :P

    ReplyDelete
    Replies
    1. Enak yah Mey, di Jakarta tp semuanya deket. Iya sih ga bisa selamanya numpang juga, makin hari makin dewasa ujungnya ya pasti keluar dr rumah ortu :)

      Sebulan 6juta Mey? uhukkk *mimisan*..haha.. Abis bayar cicilan gw ga makan lagi.. :p

      Aminn Mey, semoga keinginan2 kita bisa terpenuhi yah :D S

      Delete
  17. emang idealnya tuh punya rumah gede, deket kantor, dan harga terjangkau. hahaha.

    jatoh2nya ya harus diliat2 lah plus minusnya. tinggal di rumah atau apt sama2 ada plus minus. dan yang perlu diliat (kalo bisa) juga tetangganya. apalagi kalo tinggal di apt. kalo tetangganya rese atau ribut ya gak asik...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Idealnya ko :p Sayang isi kantong ga ideal aja..hahaha :p

      Nahh iya tuh, nyebelin kalo punya tetangga rese.. haha.. Amit2 dah :D Makasih masukkannya yah ko :D

      Delete
  18. Iya py bnr seperti kata epii kalau apartemen akan bebas dari yg namanya kebanjiran tetapi sih untuk sementara yg penting ada tempat berlindung dari panasnya matahari dan sadisnya banjir di ibukota ini lagian apartemen akan menghemat tenaga kita buat bersih2nya yg ini sih pendapat org malas keg gw wkwkwk

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahah.. Toss kalo gitu Tita :D Gw juga malas berbenah, lebih rajin si Ai dalam hal itu..haha :D Masih terus bawa dalam doa nih semoga bisa ketemu yg sesuai.. Aminn :D

      Delete
  19. Gua juga pernah ngomongin ini sama cwo gua kak Py, pdhl pacaran baru bentar :P
    Kalo buat investasi sih mau rumah atau apartment sama aja nilainya, krn kan tergantung lokasi dan fungsi. Namun berhubung kak Py dan kak Ai mau punya banyak anak (ampun deh gua ga sanggup!), gua saranin rumah. Biar anak lebih leluasa kalo mo main, trus kalo berisik nangis2 teriak2 ga terlalu ganggu tetangga lah :p Huehehe just my 2 cents ;)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Justru bagus Ge, pacaranmu berkualitas berarti obrolannya udah sampe investasi :D

      Ehh.. Gak banyak Gw, maksimal 3.. haha :p Iya sih yah, tar klo anak2nya rewel ga sampe dilempar tetangga..haha :D Makasih masukkannya yah Ge :D

      Delete
  20. Py kalo menurut gw itu semua tergantung kebutuhan lo sama ai py mau apa.
    Kalo mau cari praktis yah apartemen jawabannya, tapi kalo mau punya space lebih dan lingkungan yang rame yah mending rumah

    Gw pribadi pilih rumah py soalnya buat jangka panjang tp emang harga rumah wow banget skrng yah.
    Dipilih yang terbaik aja py liat sikon dirimu dan ai

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semua balik ke sikon yah Ren :D Iya Ren, Harganya dah selangit.. Fufufu.. Makasihh yahh Renn untuk masukkannya :*

      Delete
  21. Hmmm, memang membeli rumah itu bukan urusan mudah ya Py. Selain dananya gede, juga harus mikirim implikasinya juga ke kerjaan, keluarga, dll. Apalagi di kota besar dan semrawut seperti Jakarta, hehehe. Hanya saja pilihan apa pun itu kan ada plus dan minusnya, hehe. Jadi tinggal ditimbang2 aja lebih suka plus yang mana dan lebih mau menerima minus yang mana :D .

    Ya mudah-mudahan apa pun keputusannya nanti itu yang terbaik ya Py :D .

    ReplyDelete
  22. Py, setuju sama Renie.. yang paling sesuai sama kebutuhan kalian berdua pastinya. Silahkan berembuk lagi dan cari yang terbaik untuk kalian berdua.

    Untuk pilihan, gw lebih milih rumah. Alasannya, gw terbiasa tinggal di rumah Py. Rumah juga bisa dijadikan ivestasi. Bisa dikontrakin kalau nantinya lu ada rencana bakal pulang ke kampung halaman. *kaya gw sama abang nantinya*. Tapi ya begitulahh, harga rumah sekarang memang bikin kepala nyut2an, dompet tipiisss. Harus banyak sabar, kerja keras dan berdoa.

    Balik lagi apapun keputusan kalian berdua, pasti itulah yang terbaik. Semangatt Py dan Ai.

    ReplyDelete
  23. Kalo gw lebih milih rumah Py, alasan utamanya ga perlu pindah2 lagi :)
    Gw kurang ngerti di indo gimana, tapi berdasarkan pengalaman disini jual apt/condo juga ga gampang. Belon lagi banyak pernik2nya dari packing2, berkas2 jual beli, bayar ini itu dari notaris, mover, ngajuin kredit lagi ke bank dll.

    Apalagi kalo udah ada anak kebutuhan makin bertambah dan kita nabungnya ga bisa sebanyak waktu masih berdua doank dan barang2 anak itu juga paling banyak dibanding kita....hehehe....

    Semoga keputusan terakhir nantinya bisa mendekati dan memenuhi kebutuhan kalian berdua ya :)

    ReplyDelete
  24. Dengan budget yang sama, dibanding apartemen di tengah kota, kalo rumah dapetnya di pinggiran banget kan. Itung-itung juga cost di jalannya yang pastinya juga bombastis. Belom kalo banjir ga bisa pulang, belom kalo lembur kurang aman pulang malem, belom badan remuk habis di jalan... Jangan-jangan malah jauuuuh lebih mahal tinggal di rumah di pinggiran.

    ReplyDelete
  25. Hai pyyyy,
    jadi pengen ikut komen deh. Hehe. Sebenarnya semua berbalik ke dirimu n Ai, sesuaikan dengan kemampuan dan kesepakatan bersama aja. Yang penting ada jalan tengah biar sama-sama enak.

    Kalau aq pribadi sm cami sih lebih milih rumah karena kl sewa dan beli apt itu cost nya ga jauh beda ama rumah yaa tp sayangnya kalau beli apt itu cuma hak pakai aja, jarang bgt yang hak milik. Kalau rumah kan untuk kita selamanya dan bs diwariskan ke anak2 nanti. Jadi pas cicilan rumah lunas, udah jadi aset kita deh. Udah gtu rumah juga bs kita design semaksimal kita biar makin keceh XD

    Kalau rumah yang murah masih banyak pyy di Bekasi jadi kita bs tetanggaan dehhh ;)

    ReplyDelete
  26. Banyak yg usul beli apartemen dulu, ya.... Kalau menurutku sih juga begitu, Mbak. Tinggal di apartemen setahuku asyik juga. Toh anggota keluarganya belum banyak, masih berdua dulu. Nanti sambil bisa nabung-nabung buat beli rumah. Trus pas saatnya tiba, apartemennya bisa dijual buat tambah-tambah deh, hehe.....

    ReplyDelete
  27. Beli rumah, trus rumahnya dikontrakin, trus uang ngontrakin rumahnya dipke buat sewa apartemen deket kantor. wkwkwkwkwk

    ReplyDelete
  28. Hi Py.. salam kenal.. utk urusan ini gw n cami jg sempet bgg. Kt mulai cr2 rmh dr taon 2012. Shock pertama kl lyat rmh di bsd jaman itu ud 800 tp luas bgnnya 45.. trus kt srg2 prg k prop. expo. dan byk2 cr info n smp pd 3 plhn. 1. Bl rmh yg agak ga trll jauh dr kota dgn mati2an nabung yg kt br bs perkirakan bs nyicilnya cm stghnya. Stghnya lg bharap kt dpt kenaikan gaji atau cr krjan tmbhan.
    2. Bl rmh di tangsel yg awal 2014 lalu sempet booming trus tar rmh itu disewain plus kita sndr sewa kontrakan yg di dkt tmpt krj.
    3. Cami bl apt di dkt tmpt krj n gw bl rmh di karawang.
    Dr hsl ty2 kenalan yg srg bl property di suggest urutannya sbb: 1, 3, 2.
    Krn plhn 1 mkn lm kt mkn ga ktm yg sesuai maunya kita jdnya kita ke plhn ke3. Cami bl apt. Tp gw smp saat ini blm krn hrg d krwg tyt ud mkn naik.
    Intinya most of people yg kt tyin bnr2 ga suggest plhn no.2 krn biayanya double. Smg bs jd pertimbanganmu Py..

    ReplyDelete

Terima Kasih Sudah Berkunjung ^^, Semoga Betah yahh..