Diary Pacaran

Monday, January 6, 2014

Soal G*r*da Indonesia

Sebelum cerita soal Mudik kemarin, mau cerita dulu nih persoalan yang muncul pas Natal kemarin. Yang berhasil bikin gw nangis sesegukan di airport Makassar.

Tanggal 24 Desember itu hari terakhir liburan di Bali, pagi hari sebelum nyari sarapan gw dan ade sudah city check in di Hotel Kuta Paradiso. Dan sudah langsung dapat nomor seat nya.

Terlihat kan, sudah ada nomor seat nya 29K UPG-MDC
 Jam 4 kami boarding menuju Manado tapi harus transit dulu di Makassar. 

Pas mau landing itu gw dah kebelet pake banget, jadinya pas nyampe gw langsung buru-buru ke toilet sedangkan ade gw si Ayen langsung gw tugasi melapor ut transit. Keluar dari toilet gw cari ade gw kok ga ada, langsung telpon dong. Ehh.. Kata dia, dia lagi di kantor nya G*r*da. Firasat langsung ga enak aja. Beberapa kali naik pesawat transit gak pernah disuruh ke kantornya. 

Dan bener aja, begitu sampe semua penumpang yang ada disitu mukanya dah gak enak banget. Ketahuan banget marahnya. Dari meja di pojok sudah ada seorang wanita muda yang telponan sambil maki-maki dalam bahasa Inggris. Ada Bapak2 yang saking emosinya pen nonjok orang disitu. Tapi masih ditahan lah. Langsung lah si ade cerita kalo katanya seat yang harus nya kami tempati itu dikasih ke orang lain. Alasannya Garuda sudah overbooking dari beberapa hari sebelumnya. Jadi yang ambil seat kami adalah penumpang yang terlantar di penerbangan sebelumnya. WTH!!

Entah hilang kemana si sumbu, gw pun langsung meledak. Gw inget banget saat itu juga gw langsung teriak..

"Kok bisa kayak gini sih? Saya milih terbang sama G*r*da Indonesia karena namanya lho!!. G*r*da kan maskapai besar, harusnya sistem nya juga sudah oke dong" dan langsung di-iya-iya-kan oleh penumpang yg lain.

Dan obrolan dari kantor itu pun gak membuahkan hasil. Semua penumpang maksa untuk tetap menaiki penerbangan tsb, gak peduli nanti di pesawat mo gontok2an ma siapa.
Kami semua lalu duduk di ruang tunggu. Ternyata penerbangan tersebut delay sampe 2 jam. Dan selama 2 jam itu terus2an di telponin sama Papa. Intinya sih Papa ngasih kekuatan, suruh dinikmati aja.. Tapi hati masih belum terima.

Sampe si manajer on duty nya nyamperin dan minta tolong dengan sangat kerjasamanya. Masalahnya, alternatif nya itu cuma 2, terbang lagi ke Jakarta trus direct langsung ke Manado atau nunggu di Makassar dan baru akan terbang jam 6 sore tanggal 25 nya.. Whatt? Jelas ditolak lah.

Jadi jam 8 malam itu ada penerbangan ke Jakarta, dan bisa ke Manado langsung besok paginya. Tapiii yah sodarah-sodarah.. Landing di Makassar itu bagai mimpi buruk buat gw yang parno. Aslii guncangannya ituu lho.. Mungkin kalo pesawat G*r*da gak dilengkapi dengan monitor ato apalah itu namanya ut nonton pasti gw dah jantungan. Itupun baru berawan, lahh.. Pas udah di airport hujan plus angin kenceng melanda.. Ihh.. Langsung nolak dong. 

Gw duduk diem mencoba untuk menenangkan diri. Mungkin saking gw udah meledak gitu, ade gw aja milih ut duduk jauh dari gw..haha.. Takut kena semprot dia. Dan akhirnya jam 8 penumpang tujuan Manado udah di call. Kami langsung ikutan antri ikutan yang lain. Pas mau masuk langsung dicegat aja gitu. Dan yess.. Gw pun kembali meledak. Aslii pengen banget nonjok petugas2 G*r*da nya. Dan mereka masih terus ngomong soal penggantian penerbangan dengan seat executive, dikasih duit lah.. Gw langsung ngomong dgn penuh emosi.

"Pak, saya ini anak rantau. Saya kerja di Jakarta. Saya pulangnya itu paling cepet setahun sekali. Saya sudah beli tiket ini sejak jauh-jauh hari. Bapak mungkin bisa ganti penerbangan seenak bapak, bapak bisa kasih saya duit. Tapi bapak gak akan bisa ganti momen Natal saya sama keluarga yang saya lewatkan." Dan gw pun langsung berlinang air mata. Nangis sesegukan saking keselnya.

Papa langsung nelpon lagi, dan mungkin udah berhasil ngeluarin emosi. Gw udah lebih tenang dan bisa mencerna apa yang disampaikan Papa. Gw pun memilih untuk bekerja sama. Gw, ade gw, dan Pak Taufik salah satu penumpang yang juga memilih untuk kooperatif akhirnya dibawa ke G*r*da Executive Lounge. Langsung dikasih makan dan minum.

Pelan-pelan gw hapus air mata gw dan makan dengan lahaappp.. hahaha.. Yahh.. Kan emosi itu bikin laper yahh.. :p

Kelar makan kami dibawa lagi ke kantor G*r*da, kali ini untuk ngurus tiket buat besok hari. Akhirnya gw harus terima kenyataan kalo gw emang kudu ke Jakarta dulu. Lebih mending sih drpd nunggu di Makassar sampe sore. Setelah urusan kelar, kami diantarkan ke luar bandara dan naik taksi ke hotel Grand Clarion. Yes.. Ini hotel gede bener, sampe si ade (dan kakaknya) jadi norak.. haha :p

Kamar Deluxe Grand Clarion
 Waktu itu sudah jam 11 malam. Selesai mandi dan beres2 kami tidur jam 1, yang mana jam 4 sudah dijemput lagi untuk menuju ke bandara. Penerbangan ke Jakarta dijadwalkan jam 6 pagi. 

Sudah kelar sampai situ? Enggak.

Drama kembali terjadi. Jadi entah karena sudah terdesak situasi. Si bpk manager on duty tgl 24 itu menjanjikan kepada kami kalau mereka akan mengganti biaya tiket Denpasar-Manado. Kenyataannya? Kami cuma dikasih uang IDR 450k. Kami langsung gak terima. Mentang-mentang kami kooperatif jadi kami ditipu lagi gitu. Ppfffttt.. Akhirnya kami disuruh bikin surat dan ditanda tangani. Yang mana sampe detik ini belum (dan mungkin enggak) ditindaklajuti. Ya sudah lah, sudah terima. Orang kecil (darimananyaa??) kudu terima yah. Daripada gontok2an sama korporasi besar jadinya mengalah.

Ayen menandatangani Surat Komplen
Jam 6 kami pun menaiki penerbangan kami ke Jakarta selama 2 jam 10 menit. Duduk di executive class itu emang enak banget yah. Semua disediakan. Kami naik pesawat gede nih, Airbus A330-200. Pengalaman pertama kali. :D


Seat Map A330-200, Source: here

Sampai di Jakarta, gw update Path. Dan langsung temen komen.. Seriuss lo ke Jakarta lagi di hari Natal? Yahh.. mau gimana lagi.. Nunggu 2 jam dan naik pesawat lagi  menuju Manado.

Di penerbangan menuju Manado ini ade gw tidur, sedangkan gw lebih memilih nonton Home Alone.  Natal itu keknya gak lengkap yah kalo ga nonton film ini. :p Penerbangannya sangat gak mulus nih, bumpy banget deh. Tapi lucunya, mungkin karena gw ma ade gw anteng banget, si pramugari sampe beberapa kali nyamperin dan nanya:

"Mba, yakin ga mo nambah minum? Ato mau apa gitu?" hahaha.. Baik banget mbaknya.

Pada akhirnya gw dan ade sangat menikmati kok. Kapan lagi ngerasain jadi orang kaya? Tidur di hotel bintang 4 meski cuma 4 jam aja, nongkrong dan makan sepuasnya di G*r*da Executive Lounge, terbangnya duduk di first class.

Me (Selalu pake Kalung dari #ndutykehandmade)

Ayen, ade gw

Kalo pas event nya cuma jalan2 biasa gw mau deh kena overbooking lagi dari G*r*da..hahaha :p

Hikmah nya lagi? gw sekarang sudah ga parno naik pesawat. Sudah biasa aja. Terbukti dari penerbangan Manado-Jakarta. Puji Tuhan! Semoga bener2 hilang lenyap segala ketakutan itu.


Ps 1: Pake gw untuk curhat berapi-api itu emang lebih enak yah :p.

Ps2: Kenapa juga gw sensor yak? Kan ada di boarding pass yah?

52 Comment:

  1. pukpuk pypy.. rasanya pasti kesel ya py dapet masalah gini. Tapi setidaknya GIA masih tanggung jawab ya. Ketimbang kayak L!0n mungkin cuma dikasih makan nasi bungkus ama air putih aja.

    masalah ganti rugi tiket coba aja di tweet akunnya GIA di twitter. mungkin aja bisa ada tindak lanjut yg lebih cepet.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul, gw bersyukur Garuda Makassar mau tanggung jawab penuh :D Pengen sih gw twit, cuma kalo ujungnya bakal panjang kok gw males yah, Vi? haha..

      Delete
  2. huuu.. yg sabar yahh pyy.. tapi untung garuda masih mau ganti rugi.. walaupun waktu emang lebih berharga.. tapi yah di syukuri ajaa.. ambil hikmahnya.. bisa naik executive class. ahahhaha.. *loh?! ahhaha..

    iya py.. bener kata si kak pipijojo.. coba di twitter aja.. dulu aku nge-twit KLM langsung di baless gara2 masalah koper. ahhaha..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hooh Jen, hikmah nya dapet banget.. :D Tar gw coba deh ngetwit :D

      Delete
  3. *cup.. cup.. usap2 punggung pypy* Pastinya kesel yah kalo semuanya berubah dr apa yang direncakan.. tapi percaya ada hal baik yang bisa didapet. hehehe.. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Usap nya bisa sekalian pake scrub gak, Pi? hahaha :p Hoohh.. Kesel bgt kmren itu..

      Delete
  4. *puk puk pypy* sabar kakak....
    tp klo gw di posisi loe udh gw maki2 juga org garudanya hahahha *ndk ush sensorlah yaa wong dr boarding pas udh keliatan maskapai apa hahaha..wlpn kesel tp ambil hikmahnya neng
    - kapan lg naik first class garuda yg mahalny ajegileee?
    - kapan lg nginep di hotel bintang 4 gretong ?
    - kapan lg makan sepuasnya di loungenya ?
    at least maskapai ni masih tanggung jwb py...dibanding maskapai lainnya yg diem n ndk ada feed backnya, yang penting liburan ke kampung halaman happy kan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hooh nya, ngapain juga gw sensor yak? hihihihi.. Happy bangett Mir liburannya.. Nih skrg dah pen pulang lagi..hehehe

      Delete
  5. wah py.. gw jg bisa naek darah kalo begitu yak.. ya, sambil nangis juga pasti hahaha..
    sabar py.. yang penting tetep bisa merayakan Natal di manado, biarpun telat..
    dan bonus2 yg dikasi sm garuda lumayan jg sih ya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Lumayan banget Mei. Yah namanya juga ngerayu yah :p Iya, tetep bisa natalan ma keluarga ^^,

      Delete
  6. Tetep yah meski emosi makan mah tetep jalan hahahah,

    setiap kejadian ada hikmahnya yah py,..tuh buktinya bisa ngerasain hotel bintang 4, naik excecutive classnya garuda trus makan sepuanya di lounge...tapi emang ga bisa sih menggantikan momen natal bareng keluarga yah....

    tapi hey positif thinking aja yuks..:)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yoehh Dian :p Laperr bow jadinya..hihii..

      Betul, at the end jadi org yg positif itu memang menyenangkan ^^,

      Delete
  7. wah untung semua ada hikmahnya ya Py...
    jadi berhasil natalan di menado kan yah.. :)

    ReplyDelete
  8. ya ampun py.... padahal mereka kan maskapai lokal yg terkenal dgn servicenya yg bagus ya... sabar py... seengga2nya.....lu dpt kesempatan duduk di first class hehehehe... biarpun pake marah2 dulu...tp itu kesempatan langka hehehehe... anggep aja abis dpt paitnya trus dpt manisnya hehehehe....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Itu di Mel yang bikin gw ma penumpang lain berang.. Tapi memang ada pelangi sehabis hujan :D

      Delete
  9. wuiii payah banget ya garuda. nama besar gak menjamin service yang bagus ya....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Banget ko, semoga jadi pelajaran deh buat mereka.

      Delete
  10. Untung setelah pajit, ada bagian yg manisnya ya, kapan lagi bisa merasakan first class :D .
    Barusan ini aku baca curhatan teman yg komplaian dg layanan maskapai yg Py sebutkan diblog, ternyata penerbangan ke LN banyak ga beresnya juga, padahala ya maskapai ini katanya yg terbaik di tanah air, tp apa boleh buat ga ada pilihan lain terpaksa deh naik itu juga..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehhe.. Betul kak Nel. Iya, sayang banget emang deh. Manalah ditiap pesawat ditempelin stiker2 award gitu..huhuhu

      Delete
  11. Walah maskapai yang udah keren kok malah gini yah... Kalo jadi kak py sih aku bakal nangis juga kali ya ngamuk2, mana pas malem natal. Tapi gpp kak py at least maskapainya masi tanggung jwb dan ada hikmahnya juga kan :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hooh, mereka tanggung jawab dan itu dah cukup bwt gw :)

      Delete
  12. ihh Py sebel banget ya, Garuda gitu loh hehe. Manalah tiket mereka kan juga lebih mahal tapi yah bisa ngerasain duduk di kelas bisnis hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Non, traveler kere macem sini mana mau beli tix bisnis class gini.. :p Memang selalu ada hikmahnya..

      Delete
  13. wew py...g nyangka lhooo garuda segitunya...soalnya gueh salah satu penumpang yg demen banget ama pelayanan garuda...ternyata bisa jg maskapai besar en ternama ada kasus kek gitu yaaa...akupun bakal sedih banget, dmana harusnya udh bisa kumpul bwt natalan...

    tapi ada hikmatnya ya py, bisa nyobain seat executive...hehehehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya kalo pelayanan on board saat check in dll emang ok banget.. Berkali2 pake GIA baru kmren ini bermasalah..huhuh.. Semoga ga kena lagi deh..

      Hooh Vir, hikmahnya endeus bener..hihi.. Kpn lagi berasa jadi horang kayahh kan? :D

      Delete
  14. halo Py, salam kenal :)
    pertama kali komen ni :D

    wah parah bgt ya garuda >.<
    tapi setidaknya dikasih tempat duduk di executive sih :)
    bulan depan aku jg mau pulkam naek garuda, semoga aman2 deh hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Sur (enaknya manggil apa? :D )
      Makasihh yah sudah berkunjung dan komen.. ^^,

      Hooh, parah.. Gak nyangka GIA bisa bgitu.. Aminn.. Harusnya sih aman yah kalo ga pas high season.. :)

      Delete
    2. Panggil Sur aja, Py :D

      Amin Py, makasih ya :)

      Delete
  15. huaahhhh.. aku kok ikutan esmoni ya, Py...? @_@
    Rasanya kalo diperlakukan begitu semua orang juga bakal marah, deh...
    eh tapiiii.. kan emang ada hikmahnya: nginep di hotel ketje, nunggu di eksekutif lounge, dan.. penerbangan first class. Ehem, moga2 yg berikutnya bayar pake duit sendiri, ya. Bukan hasil 'sogokan' hihihi....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaahh Mba Fit, esmoni bener.. :D

      Aminnn.. Smoga doa mba Fit didenger Tuhan yahh..hihihi.. Jadi kan bisa ngerasain pake duit sndiri.. :p

      Delete
  16. Ah gilaaaaa!!! Parah bener tuh GA!!! Kalo delay sejam dua jam sih masih bisa terima lah kalo sehari mah mana pake akhirna balik jakarta dulu, beuhhh mencak2 lah py. Kamu masih baik deh ngomongnya gitu, kalo aku mgkn udah bukan nangis doang tapi udah selonjoran di lantai nendang2 kayak anak TK hahahaha. :p
    Yaudah ambil hikmah nya yang penting yah py, kamu masih berbesar hati mau kooperatif. Emang nya bisa ada jalan lain selain kooperatif gitu?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yah mau gak mau emang harus kooperatif gitu.. apalagi high season yg emang ga ada alternatif penerbangan dgn maskapai lain..huhu.. Kmren niatnya mau selonjoran sih May..hahah.. Tapi berhubung pergi nya ma ade jadi kudu jaim..hahah.. :p

      Delete
  17. delay membawa berkah :D btw, kalung kita sama kayaknya ya mbak? :D travel series oleh mbak Tyke :D aku ikutan ah giveaway nya :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yuhuu.. Bener banget Mes :D Iyaaa.. Travel Series yg jadi andalanku skrg tiap jalan..

      Asikk tambah rame GA.. Yippie..

      Btw, panggil Py aja, Mes ^^,

      Delete
  18. Untungnya selama gw pake GA gak pernah ada kejadian kaya gini sih py dan emang selalu ambil direct flight juga. Tapi abis ngotot2an dan bercucur air mata digantiin dg fasilitas yg oke ya py. Gue aja belom pernah ngerasain first class loh hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul Nic, mending yg direct aja.. Soale klo transit suka banyak dramanya..
      Hahah.. Pasti nanti ada berkat ut bisa ngerasain.. Soale kalo pake duit sndiri pasti rasanya lebih wueenakk.. :p

      Delete
  19. wihhh udah emosi jiwa dong ya py....tapi ujung2nya ada hikmahnya juga setelah dikasih komplemen yaa...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Banget ci Yan esmosi nya.. huhu.. Dan ya abis itu bisa dinikmati lahh :)

      Delete
  20. Aku pun pernah begini, keselnya ruarrrr biasaa....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya tah mba Mez? Iya bener yah.. Kessell benerr.. :((

      Delete
  21. Wah kok bisa ga profesional gitu ya Garuda, nama besar bukan jaminan ya Py. Kemarin kita sempet pake Garuda sekali, untungnya lancar2 semua....kalo sampe kejadian kek gini bisa ancur semua deh plan berikutnya. Itu surat komplain dikasih fotokopi buat kita juga Py?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Setuju, nama besar memang bukan jaminan sama sekali ci.. Ishh.. Bener ci, ngerubah plan banget ini.. Gak bisa gereja Natal hari pertama..huhuhu..

      Delete
  22. Huaaa..setelah denger live ceritanya dari kamu py, sekarang baca lagi diblogmu.
    Bener-benar dapat banyak berkat yah jadinya hahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahaha.. Live yeh bokk. Soale ga ada siaran ulang, jadi kudu ditulis dimari..

      Iya, at the end gw rasa ini cara Tuhan ut ngebentuk gw lebih lagi :)

      Delete
  23. ya ampun....baca ceritanya aja bikin kesel banget deh, gue juga kalo udah emosi banget bawaannya pasti pengen nangis :D

    btw, gak nyangka ya GA kaya gitu...dimasukin suara pembaca aja Py hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sekalian cuci mata ci Deb nangis bombay kek kmren..hahah.. Smoga ga lagi2 deh ni GIA..

      Maunya sih gitu, tapi udah diwanti2 sama Papa ut jgn dimasukin. Males kalo jadi perkara katanya. :D

      Delete
  24. harusnya di rekam tuh pas ngana mangamu hahahahahaha...but at least ada enaknya ya ....gue juga pernah kena kasus gitu pas ke jogja dan akhirnya dikasih first class juga....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahhaha.. So nda kepikiran Deb :p Kena ma Garuda juga? Kalo jalan2 biasa dan ga ngejar waktu sih asik yah.. :D

      Delete
  25. Wow sekelas Garuda bisa kejadian begini juga?
    Aku belom pernah ngalamin yang begini, semoga jangan sampe deh yaaa

    ReplyDelete
  26. Kok bisa kejadian kayak gini ya? Tapi untungnya mereka kasih kompensasi yg lumayan yah. Setidaknya hotel dan akomodasi balik lebih enak. Yaiyalaahh kl ngga kan namanya mrk jg yg jelek. Selalu ada hikmah ya pada akhirnya walaupun kesel sampe ke ubun2 ;p

    ReplyDelete

Terima Kasih Sudah Berkunjung ^^, Semoga Betah yahh..