Diary Pacaran

Tuesday, June 25, 2013

Beda nya Manado Dengan Jakarta

Sekarang mumpung kerjaan lagi bener2 kosong dan liat di bloglovin belum ada yang update blog nya..(Pada sibuk yahhh :D ) Jadi lagi ngelanjutin baca blog nya ko Arman, sekarang udah di postingan bulan April 2009. Tepatnya sudah ditulisan soal Bus Kota ini. Masih baru di paragraf atasnya sih tapi langsung muncul ide buat nyeritain beda nya Manado ama Jakarta apa.

Angkutan Umum:
Di Jakarta ini jadi orang memang harus tough, apalagi yang kemana-mana masih pake angkutan umum *nunjuk diri sendiri*, entah itu Kopaja, Metromini, Trans Jakarta dan lain sebagainya. Banyak hal yang dulunya Py kaget banget waktu nyampe di Jakarta, kayak Bus nya udah pada jelek2, asap hitam dimana2, sopirnya nyetirnya ugal2an, trus yang ini baru banget nih.. Kalo turun harus dari jauh-jauh udah siap-siap. Harus selalu turun pake kaki kiri kalo gak mau jatoh, soale sopir seringnya gak berhenti total saat ada penumpang turun. Kecuali kalo emang penumpangnya banyak. Pernah tuh inget banget, pertama kali naik Metromini 640, karena mau gereja kan jadi Py pake sendal highheels. Pas turun kan jadi lama banget yak, ehhh.. Diteriakin lho ama keneknya.. Asli sutress banget awal-awal itu..ckckckc... Trus umpel2annya itu gak kuaatttt :(( Segala bebauan bercampur.. Hahahah... Kesimpulannya: Naik angkutan Umum di Jakarta ini memang g ada sukanya.. Tapi dinikmatin aja :D

Jauh berbeda dengan di Manado, Manado itu memang kotanya gak besar makanya gak ada bus dalam kota. Adanya angkot warna biru dan gak ada warna lain jadi seragam, yah ngebedain di trayek nya aja ditempel dikaca depan. Trus di Manado itu angkotnya bagus bow, soale penumpang apalagi yang masih muda gitu ogah banget naik angkot yang gak cakep, gak ada musiknya. Musiknya pun harus yang update, kalo udah lagunya Obie Mesakh gitu dijamin ga ada yg akan naik..haha.. Trus suaranya gede banget, berasa ada club berjalan.. Angkot cakep disini maksudnya yang udah dimodif, bahkan angkot temennya Py itu pintunya bukanya bukan kesamping tapi ke atas. Tempat duduknya pake Sparco yang kayak jok pembalap gitu deh.. Trus juga nih kalo pas kita udah ngomong "Muka, oom" (yang berarti "Kiri, bang" di Jakarta) trus supirnya telat nginjak rem trus udah kelewatan dari tempat dimana kita turun, sopirnya wajib mundurin angkotnya. Keren kan? Gak ada yang namanya umpel2an ala 4-6 kek angkot Jakarta. Karena kursi angkotnya ngadep depan dan pasti satu penumpang 1 kursi. Oh yah, angkot di Manado ini namanya "Mikro". :D Kalo ke Manado wajib banget nyobaik naik mikro.

Source: Here

Source: Here


Jarak:
Iya ini semenjak Py di Jakarta awal banget berasa jauhhh bangett.. Kek dari Kalibata ke Sudirman rasanya ampunn dehh gak nyampe-nyampe. Tapi sekarang, udah biasa aja.. Yah kecuali kalo dari Pondok Indah ke Kemayoran yah... Itu jauhh kakakk.. #MenurutNgana hahah

Tapi sih tetep aja yah kalo pulang ke Manado atau Kotamobagu ukuran jauh dekatnya balik ke ukuran sana. Kek dari Kampus ke Mantos rasanya jauh, padahal kalo disini mugkin cuma kek dari GI ke Ratu Plaza. :p

Makanan:
Ini mah pasti yah dimana-mana juga. Beda tempat beda citarasa. Manado itu kan terkenal makanannya pedas, nah disini makanannya sih pedas cuman kurang nendang karena ada rasa manisnya. Ehhh.. Sekarang dong Py udah gak kuat makan yang pedas2 gitu. Bisa langsung ngocor ni air mata ama air idung plus keringetan. huahaha.. Dan satu lagi, sekarang gak afdol rasanya kalo makan gak pake krupuk. Di Manado kan kalo makan pake krupuk itu ya paling nasi goreng aja :p

Gaya Berpakaian:
Seperti yang pernah Py tulis kalo gaya berpakaian orang Manado itu parlente abis.. Segala-gala diliatin kek pake tas apa, bajunya, sepatunya. Matching apa enggak? Bisa di bilang di Jakarta ini Py ngerasa bebas lepasss.. Orang-orang gak akan terlalu merhatiin mo Py cuman pake celana pendek kek, kaos belel kek.. Kalo toh diliatin yah sebodo amat :p Yang penting ane nyaman brur..

Dulu waktu Py masih di Manado ada temen yang bilang "Kalo lagi jalan di mall di Jakarta, penampilannya orang Manado paling keliatan" Sampe sini baru Py ngeh.. Iya juga yah.. :D Makanya ga ada orang yg kalo baru pertama kali ketemu Py bisa nebak asal suku Py dengan tepat :D Kalo gak Batak pasti dibilang Jawa atau China :D Padahal sipitnya naggung begini ni mata :p Maklum, Manado murtad..hahaha..

Apalagi yah? Baru itu sih yang kepikiran.. Mau lanjutin baca blog nya ko Arman ahhh.. :D


29 Comment:

  1. wah jadi pengen liat angkot yang pintunya buka ke atas hehehe.. kalo pas balik manado potoin ya hehehe :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya tar kalo pulang aku fotoin yah ci :p

      Delete
  2. Kok asik banget sih angkotnya behave gitu? Gw juga paling ngeri kalo turun Metromini, takut jatoh. Untungnya selama ini selalu dapet kenek baik hati yang nungguin sampe gw bener2 turun. Hoki aja kali ya.
    Dan senjata gw kalo naik kendaraan umum (apapun itu) adalah masker. Yaolo bau2an kalo jam pulang kerja tuh gak nahan kakaaaaaak. kalo pagi2 sih masih manuasiawi, masih pada rapih dan wangi. LOL.

    Gw juga kira lo orang Batak loh, Py. *entah kenapa* haha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Din, soale kan Manado orangnya galak2.. Jadi bisa diteriakin sama penumpang klo macem2.. Gak kek Jkt, penumpang ama sopir galakan sopir.hahah.. Iya yah, gw soale sesak napas pake masker..huahaha..

      Wahh.. Anda org kesekian juta yg ngomong *lebay* :p Mungkin krn emang rahangku agak lebar..hahaha

      Delete
  3. Jakarta itu ibarat medan tempur, yg tahan banting naik angkutan umum di Jakarta maka ke kota lain akan sukses. Nah klo baru pertama kali ke Jakarta kagett shock lihat angkutan umumnya semrawut. Supir ugal2an, penumpang di turunin ditengah jalan, angkot ga sampai terminal, banyak copetnya, byk pengamen dll.

    Py itu Metromini 640 yg lewat Atmajaya?? hati-hati buanyak copetnyaa. Serem, Dulu aku hampir kecopetan, resleting tas sdh dirusak, 5 orang dlm bus ternyata komplotan copet semua. Aku duduk pas dibelakang supir. Aku barusan update blog *pamer :D.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya betul kak, cuman yg kuat yang bisa bertahan.. fuufufu.. Iya bener bgt tu kak soal copet, 640 sama 213 itu setengahnya copet. Sama juga kek 19, udah beberapa kali liat copet beraksi..ckckc.. Pernah juga bulan lalu, ada bpk2 udah buka retsleting tas bagian depan. untung disitu cuma tempat parfum sama headset..ckckck.. Memang kudu hati2 klo naik angkutan umum..

      Delete
    2. Iya benar 213 juga. Klo 19 ga tau, itu dua bus pertama yg terkenal byk copetnya, klo liat copet beraksi serem dan dilema, antara pengen ngasih tau tp takut kena getahnya juga hiks.

      Delete
  4. Wahhh sama tuh, py, angkot di Balikpapan juga more more behave than di Jakarta.. Dulu kan aku pernah tinggal beberapa tahun di sana, kota kecil jadi gak pake bus kota segala. Nah, kalo di Balikpapan, angkotnya di sebut 'Taksi'.
    Dulu pas baru pindah dari Jakarta ke Balikpapan, malah bingung koq kotanya beda sekali dengan Jakarta. Angkot aja koq disebut taksi. Wahahahah...
    Memang kalo beda tempat ya itulah, beda pola hidup yang paling terlihat.
    Btw, aku baru tau kalo orang Manado punya gaya begitu loh.. keren :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Owh sempat di Balikpapan juga Tif? Gw belum pernah nginjek Kalimantan nih.. hiksss.. *backpacker gagal* Iya betul, beda kota memang beda gaya.. Semua punya kekhasan masing2 :p
      Iya Tif, manado mah memang kerenn..huahaha..

      Delete
  5. jakarta memang kejam huahahaha...

    waktu sma gua pernah jatoh dari bus umum gara2 pas mo turun agak takut2 gitu, apalagi ntu bis kan berentinya masih jalan setapak2 gitu hahahaha...

    awal kuliah takutnya beda, takut nyebrang hahahaha... mobil2 kan semerawut ga jelas tuh... skrg sih uda biasa... uda akrab juga ama angkot, kopaja, metro mini, dan sodara2nya hahahaha...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener Mel, gw dah rasain kejamnya ibu tiri.. Tapi memang Ibu kota ini lebih kejam.. :p

      Serius Mel sampe jatoh?ckck. Emang parah, temenku juga ada sih yg sampe jatoh gitu. Bukannya ditolong malah disukurin sama keneknya.. cckcckk..

      Klo soal nyebrang masih sampe skrg.. Takutttt..ahahaha..

      Delete
  6. wah keren banget ya angkotnya di Menado... :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya ci, kudu dicobain kapan2.. :p

      Delete
  7. walah masa ya mau naik angkot milih2 lagunya yang dipasang apa dulu? hehehe. btw emangnya ada yang hari gini masih denger lagu obie mesakh? hahaha

    btw (lagi) lu pake bloglovin ya? ok kah? gua mau coba ah... abis google reader mau tamat riwayatnya nih. payah. gua nyoba pake bloglines tapi gak suka.

    bloglovin ini ada app nya buat bb?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya ko, Manado gitu :p Masih ada ko, kalo yg bawa oom2 gitu yah pasang lagu eranya dia pan..hahaha..

      Iya ko, ok banget ko :D bisa import dari google reader, jadi ga perlu dimasukin satu2. Barusan search di bb temen keknya g ada, tp ga tau deh ko..haha.. Py pake android sih, di android ada.

      Delete
  8. Hahahaha Manado itu kalo soal penampilan emang dandy abis deh! ^_^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pastinyaa Ka :p Banyak temen Manado yah?..hehe

      Delete
  9. sayang sekali aku belum pernah ke manado ..*huft

    ReplyDelete
  10. Hahaha.. iya, pake baju di Jakarta mah ga terlalu ngaruh ya.. suka2nya aja.. :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul Be :D yg penting nyaman aja..

      Delete
  11. g jd ingettt seinget2ny klo turun dr bus tuh kaki kiri dulu jgn kanan, soale pernah jth nyungsep gara2 gk tauuu.. btw keren yak klo klewatan kudu mundur lagi angkotnya, klo disini mah kata abangnya derita lu deh!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Serius pernah nyungsep? Ya ampunn.. klo bgitu biasanya sakitnya g sbrp sih yah, malunya itu lho..ckck.. Emang suka kebangetan nih sopir sama keneknya..ckckck

      Delete
  12. yg makan pake kerupuk itu sama kayak di medan deh :) gak semua makanan kita makan pake kerupuk disini tapi....pas tinggal di surabaya, gak ada kerupuk = gak makan hahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahah.. iya yah Non, semenjak disini kok yah jadi wajib banget makan pake krupuk :p

      Delete
  13. Pypy salam kenal juga ya ;)
    angkot biru manado yg kamu ceritain persis sama angkot yg sering aku naikin loh py, rumah papaku di karawaci angkotnya ajeb ajeb juga, warna biru persis seperti di manado hihihihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Manggilnya Fab kah? :D
      Wahh.. ada yah deket2 Jkt sini.. Keren yah, jadi pengen nostalgia dehh..hehehe

      Delete
  14. Hahaha... salam kenal Py...
    Sama2 Manado murtad nih.. gw cuma numpang lahir d tomohon..
    dandanan gembel dan udah ga suka makan ba... hehehe...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi Dodo, salam kenal juga neh :p

      Hohoho... Toss dulu kalo gitu sesama murtad..huahhaa.. Hoo.. Emang orang Tomohon yah? Kok bisa sih dah ga suka makan ba? Enyakk tauu.. :p

      Delete

Terima Kasih Sudah Berkunjung ^^, Semoga Betah yahh..