Diary Pacaran

Tuesday, November 25, 2014

Soal Komunikasi

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) Komunikasi adalah:

ko·mu·ni·ka·si n 1 pengiriman dan penerimaan pesan atau berita antara dua orang atau lebih sehingga pesan yg dimaksud dapat dipahami; hubungan; kontak;
2 perhubungan;
-- dua arah komunikasi yg komunikan dan komunikatornya dl satu saat bergantian memberikan informasi;
-- formal komunikasi yg memperhitungkan tingkat ketepatan, keringkasan, dan kecepatan komunikasi;
-- massa Kom penyebaran informasi yg dilakukan oleh suatu kelompok sosial tertentu kpd pendengar atau khalayak yg heterogen serta tersebar di mana-mana;
-- sosial komunikasi antarkelompok sosial dl masyarakat;

Source link disini

Source: Here
Beberapa hari ini Py lagi sebal sama Ai. Sebenarnya hal sepele sih, tapi kok rasanya kalau dibiarkan Py malah bisa uring-uringan sendiri. Dan sama seperti judulnya ya permasalahannya soal komunikasi.

Seperti yang, mungkin, teman-teman pembaca blog ini tahu kalau Py ini tipikal orang yang heboh dan berapi-api saat ngomong. Lengkap dengan bahasa tubuh yang agak sedikit berlebihan. Meskipun tentu saja Py milih-milih orang saat ngobrol dengan style begini, kalau dari awal lawan bicara sudah gak sinkron ya gak akan sampai seperti itu. Kalau dengan Ai tentu saja Py bisa ngobrol apa adanya. Masalahnya adalah kadang Py berasa seperti ngobrol sendiri.

Contoh, senin malam kemarin ditaksi Py ngobrolin soal alasan kenaikan BBM. Maklum, paginya Py ada acara di Bank Indonesia bersama Pak Perry, Deputi Gubernur Bank Indonesia. Dipertemuan itu beliau menjelaskan secara gamblang kenapa harga BBM subsidi harus dinaikkan. Nah, sebagai pasangan tentu saja Py ingin membagikan informasi yang bisa menambah pengetahuan ini ke Ai. Harapannya supaya pas ada orang lain ngobrol soal ini dengan Ai, Ai bisa tanggapi dengan benar. Secara kan topik ini masih jadi berita yang hangat yah. Masalahnya, saat Py jelasin ke dia tanggapannya cuma "Ohh.." terus malingin muka lihat jalanan. Asli KZL!!.. 

Yang namanya komunikasi dua arah kan idealnya seperti gambar diatas yah. Saat kita ngobrol maunya ditanggapin dengan porsi yang benar dan gak asal. Makanya semalam akhirnya Py minta waktu berdua sama Ai untuk ngobrolin masalah ini. Kesannya Py berlebihan banget yah, tapi yang namanya komunikasi kan kunci penting dalam suatu hubungan yah. Masih pacaran aja ngobrol dah gak enak, apalagi nanti kalo dah nikah?.

Puji Tuhan semalam masalah ini kelar, Ai janji untuk gak ngulangin lagi hal seperti itu. Dia janji kalo dia akan membangun komunikasi dua arah yang benar dengan Py. Dan Py juga janji untuk gak terlalu sensi nanggapin sikap dia yang seperti itu. Yah masalah itu kan aksi dan reaksi yah. Py juga akui Py memberikan reaksi yang ga benar. Semoga bisa jadi pelajaran kedepannya dan buat kami semakin baik hari demi hari. :)

41 Comment:

  1. py, emang kayanya hampir rata2 semua cowo kaya gitu ya.
    cowo gw jg gitu kok py.
    gw udah cape2 cerita yg menggebu2 (misalnya ttg kondisi di kantor), eh tanggepan nya biasa aja. kadang cm 1 - 2 kata doang.
    sampe kesel sendiri, akhirnya nanya: u dengerin gw cerita ga sih??
    intinya, dia blg topiknya ga menarik buat dia, makanya tanggepan nya begitu. ZzzZ..

    tapi emang bagusnya udah diomongin langsung ke ai ya py..jadinya jg lebih lega & plong di hati.. :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ini berarti berlaku bagi cowo yg dah jadi pacar kita gitu yah Sin? Soale gw ma temen2 cowo gw klo ngobrol bisa sampe bocor.. Apalagi dah sampe ke tema2 yg berat macam politik gini, bisa sampe pagi kali ngomongnya.. Makanya gw kzl waktu digituin ma si Ai..haha.. Orang emang beda2 yah..hhaha :D

      Iya Sin, gw tipe org yg lgsg ngomong klo ada yg ga enak dihati. Daripada berasumsi kan, mending nanya lgsg ke org2nya.

      Delete
  2. iyah Py gw tau bahasa tubuh yang u maksud.. hahaha..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahah.. You know me so well yah, Na :p

      Delete
  3. Ternyata gw tidak sendirian mengalami hal begini, type gw sama kek loe py klo crt udh menggebu2 tp ditanggapi dengan dingin dan sering berakhir dengan keributan tp setelah ngobrol panjang x lebar gw baru tau klo kebanyakan topik yg gw angkat ndk penting *ndk ada tujuannya* makanya dia malas nanggapin or dia merasa cerita gw itu ndk perlu dia komen karna semua yg gw katakan jelas tanpa harus di komenin....

    Jadi benernya bukan tidak ada komunikasi dua arah yaa...cow itu kadang to the point bgt klo kita kan masih ada basa basi busuknya wlpn ndk penting msh kita tanggepin itu yg bikin kita ingin direspon seperti itu, dan baik banget udh di omongi py jadi dia tau pemikiran kita kan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makanya kita cucok ye Mir klo ngobrol..haha :D Nah makanya itu Mir, gw ngerasa topik gw kmren itu penting bgt.. haha.. Tapi ternyata ga penting buat dia jadi yah yg penting dah selesai yah.. :D

      Hooh nih, cowo2 suka sok cool ga jelas yah..haha Tapi tetep demen :p

      Delete
  4. gua pun sama hahaha... uda cerita heboh, dia cuma menanggapi dengan "oh" hahaha... awalnya sebel, tapi lama2 uda biasa hahaha...

    ReplyDelete
  5. hahahaha sama nih kak py aku kan juga tipe yang kalau cerita semangat banget, apalagi misalkan seharian gak ktmu, pas pulang ngobrol2 udah dengan semangat nyeritain sesuatu tanggepannya cuma oohh atau heeh. kesel banget hahaha, tapi lama2 mah udah biasa :p

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahah.. toss kita Re ;p Hooh yah, lama2 kebal yah.. Tapi semoga si Ai juga bisa beneran berubah deh.. Ga bisa gw klo cuma disahutin ehh ohh doang.. Dah terbiasa dr kecil ngobrol dgn segala macam gaya ma si Papa.. :p

      Delete
  6. Samaaaaa pyyyyy *pelukan*. Hahaha.. padahal gua aja uda berusaha kalo dia "curhat" gua selalu nanggepin. tapi eh kok dia gak kaya gitu sih. tapi diomongin aja yah py. :)

    Nah, kalo ngomongin politik,, kayanya cocok lu sama jp. hahahaha.. gua pengen masukin dia jadi mentri nih. hahahahahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. *pelukkkk* :D Hooh Poy, enak diomongin biar nih pikiran ga berasumsi macem2...haha..

      Wahh.. Mau doong ngobrol ma Jp..hahaha :p *kemudian dilempar perkedel ma bininya* :))

      Delete
  7. hahaha. kalau gw justru kebalikannya, yang sering begitu justru gw ke Suami .
    sabar ya, biasanya kalau mau nikah pasti sering ribut gara-gara sepele.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wahh iya, kebalik yah malah..haha.. Iya nih, payah ributnya masalah sepele.. Eh tp amit2 juga sih klo yg hal gede..hihihi

      Delete
  8. Ini juga bisa jadi pelajaran buat pasangan lainnya, Mbak, khususnya si cowok, hehe.... Sebenarnya dulu aku juga suka kena marah si pacar karena sering banget bersikap kayak Ai gitu :))

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tauk nih cowok2 kurang sensitif..haha.. Moga pada baca deh yah.. Sukur2 berubah.. *melotot ke Ditter*.. Emm.. Pacar yg mana nih? haha :p

      Delete
    2. Pacar yg udah jadi mantan, hahaha.... *nangis

      Delete
  9. kunjungan perdana, salam perkenalan ya :)

    ReplyDelete
  10. Lo ga sendiri py. Ayung juga tipikal begitu,gw udah ngomong panjang x lebar kuadrat dia malah lempeng aja abis itu ngomong yang lain.
    Tp skrng udah ngurangin sifat ke-sensitif-an gw dan ayung juga janji kalo gw ngomong didengerin dan kasih feedback,begitu juga gw
    Intinya yah komunikasi dua arah hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Ren, intinya mah komunikasi 2 arah yah.. haha.. Dikata kita ceramah apa yg denger diem doang.. :p

      Syukur yah Ren, Ayung juga pengertian mau berubah lebih baik.. :D

      Delete
  11. Pyyyyy...sama atuuuh...aku juga sering digituin ama Abah,,,hihihi...
    Mungkin karena emang cowok itu gak terlalu ekspresif kayak kita kali yaaah :)

    tapi bagus lah karena udah diomongin dan dibahas dari awal :)

    Si Abah mah, kelakuannya masih kayak gitu-gitu aja sih, dan akunya pun sudah pasrah...hihihi...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yg bikin heran krn dia kalo ngobrol tuh ekspresif mba Er.. Giliran dengerin org cerita kayak ogah2an gitu..haha :P Tapo krn sudah selesai jd ya udah lah yah..hehe :D

      Mau ga mau pasrah udah yg terbaik yah mba Er.. hahaha :p

      Delete
  12. berkunjung kemari di kamis sore, salam kenal ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi Riri, terima kasih sudah berkunjung.. :D Salam kenal juga yah :)

      Delete
  13. haha, gw jg kebalikannya. Suami suka menggebu2 cerita ttg kerjaannya, menurut gw biasa aja jd gw iya2 doang hahaha. Untungnya dia juga cuek sih ceritanya ditanggepin datar2 aja :p
    kayaknya semua org begitu deh Py.. gak semua topik menarik buat kita menarik juga buat dia. Kecualiiiii, setiap topik dan setiap obrolan km dicuekin, baru deh boleh bete hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nahhh.. Masalahnya adalah.. Beberapa hari terakhir ini yah begitu Mel.. Saban diaajkin ngobrol suka datar gitu.. Kan akuh sensi jadinya yak.. *jadi curcol* haha :p

      Delete
  14. namanya dua otak dari kepala yg berbeda Py, perbedaan dan salah paham pasti ada, smoga mendewasakan ya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya sih Fe, gw belajar banyak nih akhir2 ini.. Fufufu.. Amin amin..

      Delete
  15. Hehehe, komunikasi kan harus dua arah ya Py. Jadi ya perlu pengertian dari kedua belah pihak lah, baik itu ketika ingin berkomunikasi atau ketika tidak "ingin" berkomunikasi :P . Terkadang kan ketika tidak "berkomunikasi" itu kan bentuk komunikasi juga, haha. *cieh sok bijak ceritanya*

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wihh gilakk, bijak bener abis liburan..haha :D Ngerti sih Ko, cuman ya itu.. Ini terjadi ga cuma sekali doang, makanya kayak udah sampe klimaks kesabaran gitu..fufuf.. *malah curhat*.. Makasih insight nya yah :D

      Delete
  16. hahaha.. pyy.. cowo gw juga suka kyk si ai kadang2.. pengen di templang. hahaha.. orng udah ngomong panjang2. jawabannya cuman 'ohhh..'. ahahah.. tapi ya kadang harus liat situasi sii.. mungkin aja cowo kita lg capee.. atau ya emang ga tau lg mau respond apa.. atau ya balik lagi.. mungkin kita juga yg overly sensitive. ahahha. tapi dngn adanya ini ya ada bagus sii. jadi kita tau pasangan lebih lagi ttng caranya gimana komunikasi yg baik.. hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Jen, kan manusia menajamkan sesamanya yah :D

      Jadi makin hari makin ngerti dia gmn dan sebaliknya. :)

      Delete
  17. hihihihihi.. cowo kan emang suka cool gitu. Makanya sekali-kali klo mereka cerita kita cool-in balik, pasti ngedumel juga. *saran yg gak bae*. Bener bangett tuh Py. Komunikasi itu penting. Jadi sering-seringlah berkomunikasi dengan pasangan. Dulu gw kaya gitu, tapi karena ud tau karakter masing2 jadinya skrg ud gak jd masalah. Lagian klo dulu dia gak dengerin, gw paksain dia buat dengerin gw ngomong.. Soalnya hbs itu bakal gw uji, apa yg td gw omongin..hahahhaha.. iseng banget ya gw.. Untungnya si abang ud ngerti kondisi kecacatan istrinya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Si ai klo gw diemin malah tambah diem..muahaha.. Makin gemes gw nya, Mar..haha :D Beughh.. Boleh nih dicoba bikin quiz dadakan..haha :D

      Delete
  18. G yg dah 3 taon merit aja suka berasa gitu py.
    Apalg klo pas g ngmg dianya ngeliat hp ato sambil ntn tv.. grrrr. Klo g protes bilangnya cuma "iyaa. Denger kok". Gitu.

    Cape deh.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Samaaa..hahaha :p Si ai gitu dah, bilangnya denger. haha.. :D

      Delete
  19. komunikasi emang udah yagn paling penting dah ya!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Banget ko, kalo komunikasi aja dah ga lancar apakabr yg lain kan :D

      Delete
  20. Sama kya Ci Mel-nya Grace, aku juga kya gitu terkadang ga tanggepin apa yang diomongin pacar, kak Py.. Hahah parah yah :P Alesannya ya sinyal jelek lah, ga ngerti maksudnya lah, atau emang ga penting aja topiknya.

    Kebetulan aku kemarin juga marah2 sama dia soal komunikasi ini karena dia kebanyakan ngomong, aku ga dikasih kesempatan ngomong. Untung udah diomongin baik2~ kalo kagak udah GTM gua wkakaka. Heran gua, dia jadi laki kok bawel amat, biasanya cwe yang bawel :P

    ReplyDelete
    Replies
    1. Toss lah klo gitu..haha :D Si ai ini klo depan org lain diem, sama gw bawel abis. Tapi pas gw ngomong ga didengerin..Ishh.. Makanya kesel krn keseringan..haha :D

      Mmg kudu ada sih yah proses kayak gini biar makin mengenal karakter pasangan :D

      Delete

Terima Kasih Sudah Berkunjung ^^, Semoga Betah yahh..