Diary Pacaran

Monday, October 28, 2013

#YogyaTrip: Day 4

Sebelum masuk dalam cerita mau ngucapin Selamat Hari Pemuda buat kita semua pemuda dan pemudi Indonesia. Sepanjang hari ini di group komsel kost kami mencoba menggunakan kalimat dengan bahasa Indonesia yang baik dan benar. Tadinya mikir apa disini juga yah? Tapi gak deh, daripada kelar besok ngetik postingannya :p

***
Lanjutt.. Hari ke 3 itu malemnya kami masih lanjut ke angkringan. Apalah artinya ngetrip di Yogya kalo gak nongkrong cantik di angkringan sambil nyeruput kopi joss kan? Meski badan serasa dah remuk tetap wajib abis mandi pake dress Bali yang udah dibela2in dibawa meski akhirnya sadar kalo itu baju bikin perut kemana-mana. Yah cuek aja lah, lagi liburan ini..hehe..

 


Dari dulu ke Yogya baru sekarang kesempetan deh nyicip ni kopi joss. Rasanya? Biasa aja..hahaa.. Kirain bakal ada rasa-rasa bara api gitu. Dibilang wangi juga biasa aja wangi kopi item. Yang bikin terkenal mungkin sensasi si bara nyemplung kali yah. Kemarin itu kami nongkrong di Kopi Joss Pak Hady. Angkringan ini letaknya gak jauh dari Stasiun Tugu, banyak banget sepanjang jalan. Tinggal milih dah tuh mau yang mana.

Kelar icip-icip lanjut jalan kaki ke sampe ke Tugu trus balik lagi. Capekk maksimal. Nyampe homestay dah mau jam 2 pagi, which is kami cuma punya waktu selonjoran body selama setengah jam!!

Day 4 : 15 Oktober 2013

Hellooo.. Jam 1/2 3 pagi emang mau kemana sihh? Kemana lagi kalau bukan ngejar sunrise kakakk!! Kan tema trip kali ini dimanapun Matahari terbit dan terbenam, disitu kami ada.. Hallahh..

Saat mengkomunikasikan hal ini dengan Pak Joko (supir travel), beliau sempat bingung tempat yang kami maksud. Makanya beliau menyuruh kami untuk siap-siap dan jalan lebih cepat karena masih harus nyari tempatnya. Kami pun menarik kesimpulan kalau tempat ini bisa terbilang baru atau memang Pak Joko nya aja yang ga tau..haha.. Piss pak!

Tempat yang Py maksud adalah Punthuk Setumbu (Punthuk = Bukit). Untuk bisa melihat sunrise sebenarnya ada dua opsi. Yang pertama dari Hotel Manohara yang mana langsung kami tolak karena tarif per orangnya IDR 250k untuk yang gak nginep, dan IDR 230k untuk yang nginep di Manohara. Info bisa ke sini. Sedangkan untuk Punthuk Setumbu cukup IDR 15k per orang. See, jauh bener kan bedanya. Tapi view yang ditawarkan pun jelas berbeda.

Sedikit tips buat yang mau ke Punthuk Setumbu:

1. Seingat Py itu tempatnya dari Hotel Manohara masih lurus, trus ada belokan pertama ke kanan masuk deh. Tapi jalanannya gelap, kalo gak yakin mending sewa tukang ojek aja untuk nganterin. Kemarin kami diminta IDR25k, tapi belum sempet deal ada mobil Avanza melinta. Jadinya kami ngintilin aja tu mobil.

2. Sampai dipos untuk bayar biaya masuk IDR 15k per orang bisa numpang pipis atau bab.. Ehh.. Info ini penting buat tukang beser seperti daku. :p Toilet nya bersih, wangi dan ada tisunya *penting*.

3. Gak perlu sewa guide untuk sampe ke bukit nya. Ada lampu sepanjang jalan yang bisa dijadikan patokan.

4. Pakai alas kaki yang nyaman dan tidak licin. Beruntungnya kami kemarin itu gak hujan, jadi jalanan aman lancar. Tapi kelihatan banget kalo tanahnya itu pas basah pasti licin banget.

Begitu kami sampai diatas belum terlalu rame, baru ada beberapa fotografer. Dan seperti deja vu waktu di Pananjakan, Bromo; disini juga mayoritas pengunjung adalah foreigner. Saat Py memisahkan diri dari teman-teman, Py dapet kenalan baru. Seorang solo traveler dari Filipin, seorang turis dari Jerman yang datang dengan pasangannya, juga ada beberapa yang lain.

Oh yah, disini ada kejadian memalukan nih buat Py. Jadi si cewe Jerman nanya ke Py (kebetulan tanggal 15 itu Idul Adha) sekarang sedang ada selebrasi apa sih? Kok orang doa semaleman katanya (maksudnya Takbiran). Lah.. Py cengok dong, Py bilang aja. Oh yang saya tahu ini soal kurban gitu deh *disertai nyengir lebar*. Trus tiba-tiba si R, turis dari Filipin langsung ngomong panjang kali lebar ngejelasin. Eaaa.. Padahal si R ini juga Katolik. Maluuu bener :D Lain kali kudu nambah ilmu nih..

View Merapi


Sayang nih foto seadanya, coba kalo pake SLR pasti siluetnya si Brobudur keliatan jelas.

Pengunjung Punthuk Setumbu
              


Tapi dari sekian banyak foto yang diabadikan pagi itu, foto dibawah ini yang sangat menyentuh.

Oma Opa Yang So Sweet Banget
Disaat yang muda-muda pada nyari-nyari nyelah buat liat sunrise dengan posisi terbaik, Oma-Opa ini milih duduk santai menikmati. Aihh.. Impian banget ini sampe tua tetap bersama saling cinta dan jalan-jalan.. 

Begitu selesai sunrise-an kita mau pulang dong. Ehh.. Tetiba temen-temen Py care banget sama salah satu pengunjung yang dateng sendirian dan terlihat kesulitan untuk mengambil gambar. Maka diutuslah Py untuk nawarin bantuan ke orang tersebut. 

Py: "Hi, may I help you?" Sambil mesem-mesem berharap enggres Py bener..

Orang itu: "Boleh" Dan langsung diketawain temen-temen yg lain..

Hadehh.. Kirain orang Jepang, habis mukanya Jepang banget..ckck.. Malu lagi dah.. Eh tapi gpp deh, abis itu langsung kenalan kita. Trus abis dari Punthuk Setumbu dia ikut kami ke Borobudur.

Jadi si A, yang ternyata adalah orang Medan yang lagi ditugasin di Surabaya ini jalan sendiri. Jadilah mobil dia ikut dibelakang kami. Dan waktu ngiterin Borbudur juga bareng dia. Seneng dong ada yang bisa motoin kami ber-6..haha.. :D Karena masih pagi Borobudur masih sepi, fotonya pun jadi bagus.



Dan disaat yang lain ngiterin ni candi, Py ma temen satu lagi yang udah pernah kesini milih tidur.. Jadi kami naik ke tingkat paling atas trus selonjoran deh. Anginnya enak sepoi-sepoi plus pemandangan yang indah bikin Py bener-bener tertidur selama beberapa menit.

Borbudur selesai lanjut ke Kaliurang untuk ke Musium Ullen Sentalu. Tapi disini Py juga gak sempet ngambil foto pake kamera Py. Selain karena memang dilarang, Py berasanya ngantuk bener..haha.. Jadi kebawa males deh.. Ahh payah bener Py ini. Untuk yang mau cari tau info detail soal Musium Ullen Sentalu bisa ke: sini.

Kalau ditanya apakah Py seneng disini? Iya. Guide di musium ini nyeritannya sangat mendetail. Jadi nambah wawasan soal kebudayaan dan adat istiadat Yogyakarta. Makanya pas kemarin ada Royal Wedding nya Yogya Py liatin tuh di tv sambil inget-inget penjelasan si guide. Dan yess.. Cocok!.

Dan selesaii deh jalan-jalan kami di Yogya. Abis dari Kaliurang balik ke Malioboro buat check out homestay trus beli oleh-oleh alakadarnya. Kemarin itu Mama Py minta dibeliin taplak meja yang unik-unik, udah khawatir aja sisa duit kagak cukup.. Ehh. Itu taplak satunya gak lebih dari IDR 12k.. Bungkussss..

Nah mau ngasih tau juga nih buat teman-teman yang lagi ngeplan ke Yogya. Sebisa mungkin kalau naik Kereta atau Pesawat langsung dibeli tiket PP. Jangan kayak Py dan 2 orang teman lain, karena gak dapat tiket Kereta alhasil pake travel. Ehh.. Mau ngejar waktu malah buang waktu dan nyampe dah jam 9 di Jakarta. Jadi yah itu travel jam 5 pagi udah sampe Subang, seharusnya bisa dong gak telat yah. Ehh.. Itu travel pake singgah dulu. Sejam diabisin buat duduk ngerokok dan baca koran.. -_-' swt banget deh.. Udah ngamuk-ngamuk akhirnya kami dipindahin ke travel lain. Dan ternyata malah jadi musibah selanjutnya.

Itu supir nya bawanya lelet banget, manalah pas masuk toll doi malah milih jalan dikiri..haishh.. Gak lagi-lagi deh pake travel dari Yogya. Masa sampe 2 travel kacrut gitu.. Hiyyy.. Bener-bener merusak cerita liburan yang dah oke banget. Anggap aja lah jadi pelajaran untuk selanjutnya.

Sekarang lagi nabung dan nyusun itin ke Bali trus lanjut mudik ke Manado & Kotamobagu. Yippiieee..

*****

Pengeluaran Hari Ketiga:
Sarapan di Malioboro = Rp. 10,000.-
Tiket Masuk Kaliurang = Rp. 2,000.-
Tour Jeep Merapi Rp. 250,000.- / 3 Orang = Rp. 84,000.-
Kotak di Musium Sisa Hartaku = Rp. 5,000.-
Tiket Masuk Keraton = Rp. 5,000.-
Makan Siang di Dapur Lada: Rp. 28,000.-
Tiket Masuk Candi Prambanan = Rp. 30,000.- (Tersedia tiket terusan dengan harga IDR 40k)
Tiket Masuk Candi Ratu Boko = Rp. 25,000.-
Makan Malam di Raminten = Rp. 30,000.-
Kopi Joss = Rp. 6,500.-
Total Day 3: Rp. 225,500.-

Pengeluaran Hari Keempat:
Tiket Masuk Punthuk Setumbu = Rp. 15,000.-
Ngemil di Punthuk Setumbu = Rp. 1,000.-
Sarapan di Depan Borobudur = Rp. 12,000.- (diketok nih Py harganya krn ga bisa ngomong bahasa Jawa)
Tiket Masuk Borobudur =Rp. 30,000.-
Tiket Masuk Ullen Sentalu = Rp. 30,000.-
Makan Siang di Maliboro = Rp. 15,000.-
Makan Malam Pas Transit = Rp. 11,000.-
Sewa Mobil @Rp 350,000.- x 3 hari = Rp 1,050,000.- / 6 orang = Rp. 175,000.-
Bensin @Rp. 100,000.- x 3 hari = Rp. 300,000.- / 6 orang = Rp. 50,000.-
Tips Supir Rp. 250,000.- / 6 orang = Rp. 42,000.-
Lain-lain (makan supir, parkir, tips guide) =  Rp. 216,000.- / 6 orang = Rp. 36,000.-
Travel ke Jakarta = Rp. 175,000.-
Total Day 4: Rp. 592,000.-

Rekap:
Total Day 1: Rp. 99,500.-
Total Day 2: Rp. 302,500.- 
Total Day 3: Rp. 225,500.- 
Total Day 4: Rp. 592,000.-
Grand Total: Rp. 1,219,500.-  

36 Comment:

  1. Loh loh loh...punthuk setumbunya malah ngetop diantara turis bule? Aku aja baru tau nihh py. Wahhh foto borobudurnya kerennnn bangettt, ( kagak ada org di belakangnya ) ...hahahahha.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sepertinya begitu ci :D Mungkin orang kita dah sering bgt liat sunrise yg indah..hehehe..

      Harus pagi2 banget ci kalo mau pas sepi...hehe :p

      Delete
  2. aduh PY jadi pengen naik borobudur hiks...waktu itu gak naik sama sekali..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yahh.. Knp ga naik ci Fel? Bagus lho dari atas :D

      Delete
  3. lumayan dapet kenalan jadi bisa saling motretin ya.. hahaha

    ReplyDelete
  4. Gw suka banget nih baca seri Yogya lo, Py. Banyak tempat2 yang gw baru tau soalnya. Kalo belom ada Raka sih bisa dipastikan langsung cus berduaan berpetualan di Yogya ngikutin itinerary lo. Haha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Asikkk Mami Raka sukakk :D Iya tuh, soale yg gw jabanin banyak yg emang masih terbilang baru Din. Bisalah nanti kalo Raka dah agak gedean yah..

      Delete
  5. foto di Borobudur yg pertama bagus tuh Py, warnanya kontras :)

    gak beli bakpia pathok disana? kedoyanan gue tuh hihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mayan yah ci bagus, pake hp doang soale,,hehe..

      Belii dong ci, tapi ga mungkin pamer cuman sebox doang soale.. Yg rasa coklatnya 75.. ENdeuss..

      Delete
  6. udah lama penasaran ama kopi joss nih....tapi kok semua yang udah pernah cobain bilang kalo rasanya biasa aja ya, hihihihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, soale ungkit ekspektasi kan udah tinggi tuh.. Eh pas nyobain bgitu doang..hahah :D

      Delete
  7. Ngejar matahari terbit harus punya semangat bangun pagi buta ya, ampunn pagi banget Py, aku sih ga sanggup kali :D . Nah tuh hotel beneran namanya sama spt Maogara? Punya tuh cewe atau ada cerita lain? .

    ReplyDelete
    Replies
    1. Benerrr banget kak, kalo bukan karna prinsip udah dateng jauh2 ga bakal bisa dah..hahah.. Manohara kak, kayaknya sih bukan. Memang kebetulan sama aja namanya.. :p

      Delete
  8. Py, rameee banget sekarang puthu setumbu yaaa :) pas aku kemaren datang sepiii banget hehehe. puas jadinya walo pas naik yah ngos2an. tapi kamu beruntung tuh dapet borobudur lagi sepi gitu, aku pernah hanya pas liat sunrise dari manohara tapiiii waktu itu mendung huhu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Non, rame sama bule2 kece..hahaha :p Sepi krn masih pagii banget Non, yg abis dari Setumbu pada lgsg lanjut Borobudur. Jadi pengunjungnya belum banyak. :D

      Delete
  9. Di mana tuh ya Punthuk Setumbu.... Saya sudah lebih dari 10 tahun tinggal di Jogja (Turi), tapi nggak tahu daerah itu, hahaha....

    Nongkrong di kopi joss sekarang ngga nyaman. Terlalu banyak pengamennya.... :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nahh kann, skrg jadi tau kan.. Buruan gih kesana, masa kalah sama bule2 dari negara2 eropahh..hehhe.. Deket dari hotel Manohara itu tempatnya.. :D

      Beruntung dong kami kemarin yah cuman ada satu gerombolan pengamen yg nyamperin. Ga kayak di malioboro yg silih berganti..

      Delete
  10. Py....seru sekalii.....
    bareng2 temen sih ya...jadi lebih menyenangkan
    dan bisa murmer tapi dapet banyak gitu....ihhh enaknyaa......

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mba Luk.. Seruu bangett..hehehe :D Pengen ngulang lagi..

      Delete
  11. Pi, gw dulu tinggal di jogja tapi ngga pernah ke phuntuk Setumbu. seru ya kayanya.. ntar klo pas balik indo lagi masukkin ke list buat mampir ahhh... cakep2 fotonya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Seruu banget Nge, wajib sih ini dimasukkin list.. Moso kalah ama londo..hahaha :p *lahhh.. jadi kompetitip*

      Delete
  12. betahun2 saya di jogja blm pernah ke Punthuk Setumbu dan gak tau itu dimana :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wahhh.. Ayoo dong kunjungi, jadi kalo ada yg tnya bisa jawab kan :D

      Delete
  13. waaaaahhhh Py keren bangeth foto di Borobudurnya...mana pake kaos ngejreng gitu....kereeeeennnnnnn... *catet* thanks ya informasinya berguna semua soal Jogja ..jadi nggak cuma ngabisin berjam2 di Mirota....hahahahahahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. hihihi.. maacihhh Nona Debz :* Woo.. Di Mirota berjam2 ngapain Debz? *tanya Py yg emang ga doyan belanja*..hahaha :p

      Delete
  14. Wah, aku belum pernah denger loh Punthuk Setumbu itu, hehehe :D . Berarti lokasinya di dekatnya Borobudur yah?? :D

    Ah, iyaa, salah satu enaknya ada kenalan pas pergi2 adalah jadi ada yang motretin :P .

    Btw, iya tuh, aku juga kalau pergi-pergi lebih suka dan tenang apabila semua tiketnya sudah di tangan gitu. Jadi kan gak takut kehabisan, hahaha :D .

    ReplyDelete
    Replies
    1. Lumayan deket dari Borobudur ko :D Nanti pas ke Yogya wajib kesana tuh..hehe.. Apalagi punya kamera canggih, pasti dapet gambarnya lebih bagus.

      Delete
  15. Punthuk setumbu ini bagus banget kak Py, baru tau loh hahaha... Nanti kalo ke jogja lagi harus kesini deh :D

    ReplyDelete
  16. aku baru tahu ada namanya daerah ini, padahal bule bule itu udah pada rame aja mengunjungi yak. etapi biasanya emang gitu seh, wisatawan asing yang memperkenalkan duluan wisata di Indonesia, ntar jadi terkenal sama wisatawan lokal, wisatawan LN udah gak mau lagi kesana. Misalnya Lombok aja sekarang.

    tapi muda-mudahan makin terkenal makin bagus yak fasilitasnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya yah Niee, bener juga opinimu.. Kita yg lokal malah taunya justru seringnya dari bule2 gitu yah.. Semoga yah fasilitasnya makin memadai biar semakin banyak pengunjungnyaa. Amin. :)

      Delete
  17. Halo mbak, salam kenal ya :) aku suka foto oma opanya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi Mes, panggil Py aja *salaman* ehhe.. Iya, heartwarming bgt yah liatnya.. :D

      Delete
  18. nambah lagi nih satu tempat yang blom pernah aku datengin di jogja, punthuk setumbu itu. keren keren

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wohooo. Ada alesan buat balik lagi kan Mil :D

      Delete

Terima Kasih Sudah Berkunjung ^^, Semoga Betah yahh..