Diary Pacaran

Thursday, October 3, 2013

Itu Bukan Aib, Itu Kisah Hidup


Source: Here
Dikosan Py yang sekarang, Py sama temen-temen bikin komsel atau kelompok sel. Tujuannya biar selain Gereja, kita juga bisa tetep saling sharing Firman Tuhan. Dengan komsel; masing-masing kami semakin dikuatkan dalam iman, trus juga gak bingung mau kemana kalo misal lagi ngadepin masalah dan pengen curhat. Tau aja kan jaman sekarang banyak yg bocor mulut, bilang gak akan bilang siapa tapi trus tau2 dikasih tau temen yang lain. *ngaca*

Nah.. Sudah beberapa minggu ini kami saling curhat soal keadaan keluarga kami. Lebih tepatnya sih Py yang duluan cerita soal beban Py yang sampe detik ini pengen ketemu Mama kandung Py. Pas Py cerita temen-temen yang lain pun juga jadi semangat untuk cerita. Sampai semalem itu Py bagi firman Tuhan di Galatia 6:2 yang isinya tentang tolong menolong. Intinya tolong menolong pastinya tidak melulu soal materi, ada banyak hal lain yang bisa kita lakukan untuk menolong. Bisa dengan bentuk perhatian, mendengarkan. memberi saran, dll.

Source: Here

Nah, Puji Tuhan banget pas Py sharing cerita soal masa lalu Py banyak teman yang merasa dikuatkan. Mereka yang lagi ngalamin masalah sampe berujar.. 

"Ya ampun Py, gue pikir masalah gue udah yang paling buruk sedunia. Ternyata lu pernah lewatin yang jauh lebih dalam dari gue"

Sudah sering dengar kan kalo manusia itu gak bisa milih dari keluarga mana dan seperti apa dia dilahirkan. Semua orang pasti punya cerita masing-masing. Entah itu membahagiakan, biasa aja, atau malah mengecewakan dan penuh air mata. Semua itu bukan aib, itu kisah hidup. Banyak orang yang terlalu sungkan untuk membagi ceritanya. Simply karena mereka gak mau dijudge macem2. Misal minta dikasihani atau apapun itu. Tapi tahukah kamu, banyak orang yang rindu ngedengerin cerita kita. Mereka yang lagi dalam masalah mungkin bingung gimana cara melewatinya. Bahkan seringnya kita dengar banyak yang punya masalah lari ke hal-hal yang salah karena gak nemu jalan keluar.

Bukan cuman teman-teman lain yang dikuatkan dengan cerita Py, Py juga sangattt diberkati dari kisah mereka. Karena ternyata ada beberapa dari mereka yang sewaktu kecil mengalami KDRT, orang tuanya pisah karena mabuk2an sampe main perempuan. Dan Py waktu denger itu melongo sambil terkagum-kagum mereka bisa melewati semua itu. Tentu tidak dengan kekuatan sendiri, ada tangan Tuhan yang menolong melewati semuanya. Iman membuat segala sesuatunya mungkin.

Py gak maksud trus bilang ini biar semua orang buka kisahnya, tetap berhikmat juga kepada siapa kita sharing, apakah dia butuh mendengar atau tidak. Karena dulu banget Py pernah cerita pengalaman masa lalu ke temen Py trus dia ngomong gini

"Udah lah Py, lu gak usah cerita2 ini ke siapa. Ini aib keluarga lho".

Py langsung mikir owh berarti orang ini ternyata memang gak butuh mendengar cerita Py.

Sering kan kita kalo misal lagi nasehatin orang trus orangnya ngomong

"Lu tau apa? Lu gak pernah rasain sendiri sih yang gue rasain. Lu gak usah deh sok nasehatin gue".

Nah kalimat itu gak akan terucap kalo misal kita memang pernah melewati yang sedang dia alami. Kita bisa bagi saran dan masukan biar dia kuat menghadapi masalahnya. 

Intinya, segalau sesuatu yang terjadi dalam hidup kita pasti ada maksud dan tujuan. Tuhan gak seiseng itu kok bikin kita (yang) ngelewati sengsara  tanpa maksud. :DDengan Py melewati banyak hal dulu, Py bisa bantu temen-temen lain yang saat ini lagi ngadepin masalah yg sama.

Makin paham sama lagu "Oleh kesaksian kita, iblis dipatahkan kuasanya dihancurkan..." Yups, kesaksian hidup kita membuat orang dikuatkan dan membuat mereka melihat secercah cahaya. Membuat mereka sadar badai pasti berlalu dan selalu ada pelangi sehabis hujan. *ehh.. Di Jkt udah jarang yah :P*




23 Comment:

  1. Pypy.. salam kenal.. :)
    suka banget sama post yang ini..
    Emang setiap orang punya pergumulan, kisah hidup yang beda-beda. Dan gw jg yakin kalo Tuhan emang mau bentuk kita dari setiap hal yang kita lewatin, sama kaya yg post Pypy di atas "Tuhan ga akan iseng2 kasi masalah".
    Cuma kadang suka bete ya, kalo cerita cuma di jawab "sabar ya.." udah gitu doang. hahaha

    Smoga kita makin dibentuk jadi anakNya dari setiap masalah yang ada, :)

    Semangat ya Pypy, nice for sharing :)

    Tuhan berkati :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi Mei, salam kenal juga ^^,
      Hahaha.. Iya sih, seringnya dijawab sabar aja krn orang itu emang ga ngelewatin makanya no clue mau ngasih masukan apa..

      Tuhan berkati juga yah :D

      Delete
  2. Hi Py,
    This post is heart-warming. =)
    Aku pernah baca cerita Oprah Winfrey. Waktu kecil dia pernah molested sama step-father nya, trus dia pernah dibully krn berat badannya. Dia pernah blg kayaknya dia pernah ngalamin semua hal buruk yang bisa terjadi, and she became a strong person because of that.
    Aku percaya semua masalah yang cobaan yang dikasih ke hidup kita itu memberi kita pelajaran dan membuat kita to be a stronger person. Itu juga yang aku percaya terjadi ke kamu. =)
    Aku salut sama kamu Py. ;)
    Stay strong! =D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yupss super setuju May, keadaan yg berat bisa ngasah kita jadi tajam.. jadi manusia yg lebih kuat.. :D Aminn.. Thanks a lot May!! *cipok kanan kiri bolak balik* ehh..

      Delete
  3. bener py, orang2 sekarang pada ember2 ya... lebih enak tu kalo cerita2 ke orang yang kita ga kenal malah daripada ke temen sndiri... kadang temen sndiri tu juga bisa nusuk dari belakang... semoga aja temen2 yang selama ini kita curhatin ga ada yang begitu ya...
    rollz bantuin lewat doa ya moga2 py cepet ketemu mama kandungnya :)
    stay strong py! :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya sih Roll, enaknya "curhat" sama stranger juga mereka lebih netral dan gak akan ngejudge kita macem2.. Aminnn.. Thanks doanyaa Roll!!! :*

      Delete
    2. biasanya rollz suka ngoceh ama orang di pesawat... hahahaha... kan ketemunya sekali doank... *tidak berlaku kalo lagi naek pesawat bareng kui.. hahahaha...*

      Delete
  4. BERUNTUNGNYA punya teman-teman yang bisa diceritain apa aja Py....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Puji Tuhan mbak.. Saya siap mendengarkan cerita mu lho mbak *winking*

      Delete
  5. Py, kamu beruntung bisa cerita2 dan ada banyak temenn :) tetep semangat yaaa....yang pasti dengan semua cerita itu pasti kamu jadi lebih kuat *hugs*

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Non.. Kamu juga beruntung kok ada akuh yg bisa diceritain macem2.. *promosi diri* :p

      Delete
  6. Kalo bisa cerita apalagi temen bisa dipercaya rasanya plong gitu yah ... Ya meskipun kadang mereka gak bisa bantu tapi setidaknya bisa memberi support emosional

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bangett Cha.. Iya sebenernya gak perlu juga sih ngasih saran sgla macam, karena seringnya kita butuh didengarkan aja.. Ya gak? :D

      Delete
  7. yah emang ada orang yang tertutup dan gak nyaman sharing2 ya. tapi gua bilang kalo kayak gitu malah dipendem dan jadi stres sendiri.
    mendingan emang dishare siapa tau ada yang bisa bantu atau paling gak dengan sharing ke orang bikin kita jadi lega juga kan ya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya ko, padahal dengan sharing itu bisa bikin plong kan. Bisa berbagi dgn yg lain..

      Delete
  8. enak ya kalo punya temen yang bisa di ceritain apa aja jadi enak ke kita nya ga canggung buat nyeritain apa yang lagi kita rasain :)

    ReplyDelete
  9. masing2 punya cerita masa lalu ya... kadang gw juga suka cerita kepada orang yang tepat tentunya... :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya selama dengan orang yg tepat itu akan jadi kekuatan justru. :D

      Delete
  10. Kadang cerita kita bisa jadi menguatkan orang lain yah....tapi emang ga semua orang bisa terbuka, ada yang introvert dan lebih nyaman untuk disimpan daripada cerita2.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya bener ci, semua tergantung pribadi masing2. :D Dari smua cerita py juga ada yg py keep ut diri sndiri :D

      Delete
  11. Suka banget postingan yg ini Kak Py.. Kaya kata2 yang selalu aku inget itu everyone has their own story of life. Dan dengan sharing kadang bisa bikin lebih tenang juga yah. Tapi jangan sampe ke salah org aja ceritanya. Oiya bener banget juga kadang kita udah ngerasa paling miserable sendiri, ternyata ada yg kisah hidupnya lebih sedih. Huaaaa tinggal balik ke masing2 lagi yah gmn ngadepinnya.
    Be strong kak Py, God bless you :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Setujuhh Re :D

      Semua orang punya cerita masing2.. Dan harus lihat2 juga siapa orang yg akan kita bagikan cerita kita.

      Delete

Terima Kasih Sudah Berkunjung ^^, Semoga Betah yahh..