Diary Pacaran

Thursday, June 19, 2014

Ngebolang di Karimun Jawa Day 1

Hampir sebulan sejak trip ini berakhir dan belum juga ditulis detail ceritanya.. Maklum lagi sok syibukk.. Py ceritain berdasarkan urutan foto deh. hehe.. Oh yah, fotonya akan sering rame-rame. Maklum, masih numpang nebeng kamera temen. :D

Jum'at, 23 Mei 2014

Bangun jam 3.30 subuh dan langsung mandi keramas. Kalo bukan karena ngetrip ga akan bisa deh bangun sepagi itu. Untungnya Py itu kalo mau jalan udah siapin barang jauh-jauh hari, jadi pas hari nya gak sibuk gedebak gedebuk nyari barang yang dibutuhin lagi.

Ber-5 sebelum jalan
Karena gak ada taksi maka jalan kaki lah kami ke arah Setiabudi Building, gak sampe jalan terlalu jauh lewat juga taksi yang ditunggu-tunggu. Kami tiba distasiun Pasar Senen jam 5 kurang yang membuat kami ada waktu untuk leyeh-leyeh sejenak.

Kereta berangkat tepat waktu pukul 06.20 WIB, kami menggunakan kereta ekonomi AC Tawang Jaya. Sayangnya ada sedikit pengalaman gak enak nih naik kereta ini. Jadi ac di gerbong 1 tempat kami duduk itu selalu mati kalau kereta berhenti ditiap stasiun. Dan petugas datangnya lama untuk nyalain lagi. Tapi pas kami jalan-jalan ke gerbong dua malah adem banget.

Sunrise
Sampai distasiun Semarang Poncol jam 1.15 lebih sedikit dari jam yang tertera ditiket yakni pukul 12.50 WIB. Kami langsung disambut matahari terik dan suhu yang panas khas kota-kota pesisir.

Tampang Kelaparan.lol
Mengingat sudah terlalu siang kami pun bergegas menuju rumah makan yang sudah ada dilist yaitu RM.Super Penyet. Dari stasiun menuju rumah makan ini kami naik angkot menuju Pasar Johar, turun dipasar Johar dan lanjut dengan angkot lain yang menurunkan kami persis diseberang RM. Super Penyet. Entah Py kurang bergaul atau gimana, ternyata Super Penyet ini memiliki cabang di Ratu Plaza which is deket banget dari kantor. haha.. Tapi gapapa lah yah. Udah laper ini jadi makan yang ada deh.

Depan Rumah Makan
Rencana kami begitu selesai makan mau nyobain es krim di Toko Oen, tapi ternyata kami semua sudah kekenyangan dan rasanya gak sanggup lagi mau masukin yang lain. Akhirnya kami langsung menuju Lawang Sewu. Yiayyy.. Jadi juga Py kesini..haha.. Beberapa kali ke Semarang cuma numpang lewat doang beli bandeng di Juwana..

Lawang Sewu

Jam Buka dan Tiket Masuk Lawang Sewu
Tiket masuk Lawang Sewu per orang IDR 10,000.- dan untuk sewa guide IDR 30,000.-. Syukur banget kami kemarin itu dapat guide yang kece, jadi dia milih arah berlawanan dari rombongan yang lain. Jadinya kami bisa benar-benar menikmati Lawang Sewu ini.. Seperti yang mungkin temen-temen pada tahu Lawang Sewu itu berarti Pintu Seribu, yang dimaksud bukan jumlah pintu nya ada seribu tapi daun pintunya. Lubang pintu nya sendiri ada 429 buah dengan daun pintu seribu lebih, ada pintu yang memakai 2 dan 4 daun pintu.

Begitu masuk kami mampir foto di toilet ini. Asli dari jaman Belanda menduduki gedung ini. Dan tentu saja masih berfungsi sebagaimana mestinya. Wastafel dibawah ini nih asli buatan Belanda.

Maket Lawang Sewu
Py mau sedikit curhat nih, jadi Py itu benciiii sebenci bencinya sama stasiun-stasiun tv yang bikin program tv gak mutu yang berhubungan dengan hal-hal horor. Macam di Lawang Sewu ini, kemarin itu guidenya semangat banget pengen nyeritain hal-hal mistis yang langsung saja Py tolak seketika. Py ketempat itu pengen tau sejarahnya bukan hal-hal konyol macam itu. Ini kejadian pernah Py alami juga waktu ke Lubang Tambang Mbah Suro di Sawahlunto, Sumatra Barat tahun lalu. Dimana guidenya malah lebih semangat nyeritain program tv nyari-nyari hantu yang ngambil set disana.. Grrrr.. Asli kesel banget ma yang beginian.

Dah sekian dengan curhatnya. Lanjut cerita soal Lawang Sewu.

Menuju Basement
Karena basement nya lagi kelelep jadi kami ga bisa turun. Tragis deh kalo denger cerita nya, jadi dulu yang pekerja paksa ditawan disini sama penjajah. Tar mereka kelaparan trus kelelep air gitu kan, kalo ga mati baru dibunuh trus dibuang mayatnya ke parit di sebelah Lawang Sewu ini.. :((

Tempat Buang Mayat
Py ga akan ceritain semua disini biar yang belum kesana tetap penasaran :) Sekarang mau pamer foto narsis dulu yah. :)

Pas foto baru ngeh ada logo kantor sendiri ikutan :D

Puas mengenal dan foto-foto di Lawang Sewu kami pun bergegas menuju Simpang Lima. Tapi sebelum itu mampir isi perbekalan di indomaret point.

Kami akan melanjutkan perjalanan menuju Kota Jepara sebelum menyebrang ke pulau Karimun Jawa. Py sudah memesan travel Bejeu jam 5 sore dan akan dijemput didepan Masjid Baiturahman yang mana tempatnya persis didepan Kawasan Simpang Lima ini.

Travel Bejeu ini bisa direkomen lah kalo mau menuju Jepara. Busnya bersih dan luas. Cuma salah Py gak mesen tempat duduk, alhasil duduk dibelakang dan berasa kayak karung beras yang terlempar-lempar karena jalanan gak mulus. Sempat macet juga yang bikin kami sampai di Jepara sudah mau jam 10. Check in homestay dan lanjut nyari makan disekitar Pantai Kartini. Jam segitu kami nemu kucingan. :D

Pas gugling nyari-nyari homestay Py langsung ketemu Homestay Kota Baru ini. Lokasinya didalam Pantai Kartini persis didepan-sampingnya Kura-Kura Ocean Park. Yang kalo lihat gedungnya kece banget dengan Kura-kura raksasa. Untuk masuk kedalam kawasan Pantai Kartini ini harusnya bayar, tapi karena kami tamu jadi gratis.

Dan pilihan yang tepat karena memang bangunannya masih baru dan bersih. Depannya didesign etnik Bali gitu. Enak deh. Kami pesen kamar standar dengan fan dan kamar mandi luar seharga Rp80,000, masing-masing kamar sudah ada tv nya.Tapi karena ada kamar yang bertiga isinya jadi total kami dikasih harga Rp. 180,000.- Lumayanlah dibagi 5..hehe :D

Kamar Standar Fan

Ada TV kecil

5 Kamar Mandi untuk share dengan tamu lain. Bersih.

Sudah segar.

Tampak Depan Homestay Kota Baru

Sekian untuk hari pertama yang mana kulit masih mulus.. haha :D

35 Comment:

1. Toko Oen ma Lawang Sewu ini emang terkenal ya, tempat wajib dikunjungin klo mampir semarang :P
    Sama Py, suka sebel kalo malah diceritain yang horor gitu >.<
    Btw, tuh tangga homestay nya lucu ya :D

1. Iya, sayang bgt lah kmren itu ga sempet..huhuhuh..

Bangett Sur, yg ada pulang jadi ga tenang lagi kan..hikss..

hooh lucu bet.. Kalo keatas dia ada semacam gazebo dgn view madep kota jepara.. Sayang pas gw ke atas itu dah malam

2. wahhh...yang di kereta gayanya okee tuh py...wisata kuliner semarang kan juga enak2 yaa. aku lom penrah ke lawang sewu...seremm kayaknya

1. heheh.. Makasihh ci Yan :D

Iya enak2 katanya.. Sayang belum nyobain..huhuhu.. Gak serem kok ci kalo siang.. :D

3. ooh kerja di panin bank.. wkwkkw.. *salah fokus* jadi pengen ke sana.. tq ya ci sharenya.. wkwkkw

4. Hahaha, beberapa kali ke Semarang aku belum pernah ke Lawang Sewu Py, :P \

Ah, nyebelin banget ya itu AC di keretanya mati. Mana padahal di gerbong sebelah malah adem ternyata, hahaha

1. Walahh.. Keren lho Ko dalemnya.. Kalo ke Smg lagi berkunjung lah :)

Iya nih. Ga adil bgt dah.. Rusak di gerbong 1 doang..haha :D

5. Asik banget pyyyy.. :D ditunggu lanjutannya yaahh.. ;D

1. Siappp Poy :D Apa sih yg ga buat manten baru ini..hiihih ;p

6. Lawang Sewu itu tapi emang auranya serem banget ya Py.. X_X

Aku nunggu foto2 dan cerita dari karimun jawanyaaaa

1. Iya sih Be, makanya ga mau lagi diceritain serem2 nya..haha ;p Parno abiss..

Siappp Mama Jo :)

7. Whoaaaaa...
    seru banget inih jalan-jalannya Pyyy :)

Dan itu dandanan nya pun udah pada keren-keren gitu euy...ala backpacker...hihihi...
    Ayo dilanjut ceritanyaaaaa :)

1. hihih.. Yoehhh mba Er..

Asal jgn keliatan tukang panggul aja yah mba Er..hahahaha :p

8. jadi gak ngeliat penampakan py pas di lawang sewu? hahaha :P

1. Aduhh amit2 deh ko.. Gakk mauuu..huhuh..

9. Gw udah sering ke semarang tp ga ada yg mau nemenin ke lawang sewu, pdhal pengeeeen bgt lohhhh. Dan sama kyk km py, ga suka yg mengexpose setan2an, gw jg peduli sm sejarahnya aja.
    Eh homestaynya depannya bagus yaaa, yg di bali ethnik2nya..

1. Yahhh.. Hayukk deh Mel gw temenin.. Tapi bayarin yak.. Lho.. haha :p

Tauk nih, acara2 tv itu ngerusak sejarah bgt lah.. Gemess gw..

Iya bagus Mel, masih rapih banget.. :D

10. wah seruuuuuuuu asik nih jadi ada rekomen transport dari semarang ke jepara sama homestaynya juga, jadi kapan2 kalau mau ke karimun jawa bisa pake travel bejeu ini ya kak py ihihihi.. ditunggu lanjutan ceritanya kak py :D

1. Senangnya kalo bisa ngasih info :D

Siapp.. Tunggu yah.. Lagi ngetik nih..hehe :p

11. Ngebolangnya pakai angkutan umum, Mbak?

Kayaknya seru yah, Mbak.... Aku sendiri belum pernah kayak gitu.... Kena sindrom what if.... Jadi serba khawatir, hehe...

1. Iya Dit betul bgt..hehehe.. Lebih murah soale. :D

Nahh.. Makanya persiapan sebelum jalan emang kudu maksimal. Biar meminimalisir what if itu :D

12. Seruuuu :) Aku juga pernah ke Lawang Sewu, tapi malam-malam, terus katanya diikutin sama penunggunya gitu, hahaha :)

1. Walahh.. Kece bener Ndi malem gitu2.. Gw ga berani euyy..haha :p

13. Pagiiii banget Py udah bangun langsung mandi....hehe...ga ngantuk tuh :P

1. Ngantuk ci, makanya abis itu di kereta langsung molor.. haha :p

14. Wah asik bgt py bisa jalan2 kesana. Emang lebih enak backpackeran yah irit hehehe

1. Irit dan bebas mau kemana dan ngapain aja Ren :D

15. Seruuuu... mamaku pdhal asli semarang tp kynya aku belom pnh ke lawang sewu atau toko oen hehehe payahhhh

1. Lahh.. Masa sih ci? Wahh.. Kudu nyobain ma keluarga ci :D PAsti seruu dehh :)

16. itu washtafelnya awet banget yaa masih kokoh begitu :D

1. Iya ci Deb, kokoh bgt ma toilet2 nya juga :D

17. Pyyy itu dari foto lu aja udah serem gitu! Kalo gw sih ga berani masuk ke basementnya tuh hahaha. *anak penakut*

Seru yaa jalan rame2 sama temen! Pengen deh jalan2 gini tpi waktunya tuh susah :( kepentok sama cuti

1. Gw orgnya penakut tp rasa penasaran tinggi..muahha :D Jd tetep aja pengen masuk.. Sayang masih kelelep air bawahnya :(

Iya, kalo rame2 nyesuain jadwal suka susah.. Makanya beneran dr jauh2 hari plannya..

18. serunya yang ngebolang :D pintu basement nya serius serem banget Py :(

Terima Kasih Sudah Berkunjung ^^, Semoga Betah yahh..