Diary Pacaran

Wednesday, October 23, 2013

#YogyaTrip: Day 3

Liburan kali ini Py dan teman-teman menginap di homestay Sweet Home yang beralamat di Jl. Dagen Pajeksan Lor. Kami memang mencari homestay yang lokasinya dekat dengan Jl. Malioboro yang tersohor itu. Kami memesan 2 kamar ac, tv, kamar mandi dalam dengan ukuran double bed. Ada yang lucu saat kami memesan kamar ini, Pak Bunawih sebagai pemilik menanyakan kami apakah kami mau pakai toilet duduk atau jongkok. Baru kali ini mau nginep pake ditanya mau toilet apa.

Kamarnya sendiri bersih dan terbilang luas, hanya saja tempat tidurnya gak terlalu empuk. Trus saat kami ingin meminta tambahan selimut harus kena charge lagi dan langsung kami batalkan. Pagi hari disediakan teh, kopi dan berbagai cemilan. Lumayan untuk harga IDR 200k dibagi tiga orang.

Day 3 : 14 Oktober 2013 

Hari ini jadwal kami juga adalah adventure, namun beda dari hari sebelumnya yang basah-basahan hari ke tiga ini kering kerontang dan penuh debu.

Jam 5 kami semua sudah bangun dan siap-siap, sengaja milih pagi karena jadwal cukup padat. Sarapan di Jl. Malioboro dengan rasa yang sungguh nikmat. Dan seketika energi pun terkumpul. Perjalanan dilanjutkan menuju Kaliurang. Kami akan mengikuti tour Merapi dengan menggunakan jeep alias off road. Wohoo.. Kebayang dong serunya.

Keep Smile!

Siap Bersenang-senang.. *tanggal cam nya salah*

Puji Tuhan cuaca hari itu cerah luar biasa meski jeleknya yah debu nya kemana-mana. Tapi mending cerah deh beneran, itu Merapi keliatan keren banget. Gak ada satupun awan yang menutupi.Dari Jakarta saya sudah kontekan dengan Pak May untuk paket tournya, dan beliau sudah menyiapkan dua jeep buat kami. 

Sampai di basecamp Tlogo Putri kami langsung ditunjukan dua jeep yang sudah ada. Py langsung norak karena lihat ada jeep yang setir kiri. Langsung narsis dong foto-foto dan langsung nge-tag-in itu jeep..hihihi.. Kapan lagi duduk didepan sebelah kanan kalo gak nyetir yah :p



Oh yah paket tour yang kami pilih adalah yang short route dengan rute:

Basecamp—Kali Opak—Dusun Petung—Batu Alien—Kali Gendol—Dusun Kaliadem—Hamparan Material erupsi Merapi Kaliadem—Gumuk Petung—Makam Massal Korban Merapi.Tarif Rp. 250.000,- (Dua Ratus Lima Puluh Ribu Rupiah).Waktu Tempuh 1s.d 1,5 Jam Perjalanan. Untuk perlengkapan seperti helm, masker sudah disediakan.

Kami dibawa menuju Musium Sisa Hartaku, musium ini dimiliki oleh Ibu Wati. Seperti namanya dimusium ini dipajang barang-barang kepunyaan Ibu Wati dan anaknya yang sudah rusak akibat letusan Merapi. Miris melihat motor yang tersisa rangkanya saja, tape kompo, tv, komputer yang sudah meleleh.

Salah Satu Kamar di Musium Sisa Hartaku


Barang-barang yang sudah rusak
Foto Bersama Ibu Wati Sang Pemilik

Benar-benar jadi perenungan masuk ke rumah yang sekarang sudah dijadikan musium itu. Gak ada yang terlalu hebat dibawah kolong langit ini kalo alam sudah mengeluarkan kekuatannya.

Perjalanan dilanjutkan menuju kaki gunung Merapi, kalau kata Angie sang driver ini adalah titik terdekat dengan puncak Merapi. Di titik ini ada bunker tempat orang melindungi diri dari material yang keluar dari gunung Merapi. Tapi itu pun gak sanggup menyelamatkan para korban. Awan panas yang lebih dikenal dengan sebutan Wedhus Gembel membuat para korban mati kepanasan didalam bunker. Kami pun ditunjukkan posisi tempat mereka meninggal. Suasana seram mencekam seketika langsung terasa. Abis foto kami langsung keluar.


Source: Here
Dari bunker ini bisa terlihat lokasi rumah Mbah Marijan namun paket tour yang kami pilih tidak sampai kesana. Semoga beristirahat dalam damai yah Mbah.

Jalan kaki sedikit keatas kita bisa menemukan spot foto yang keren banget dengan latar belakang Merapi. Entah ada berapa puluh foto yang kami ambil dari tempat ini. Terlihat kan Merapinya gagah sekali tanpa awan menutupi. Ehh.. Jadinya Py deh yang nutupin :p


Dan hal lucu pun kami temui disini, kami bertemu dengan seorang pengujung yang luar biasa centilnya make high-heels di medan yang berbatu dan berpasir ini. :p

Disepanjang perjalanan off road ini jeep kami sering berpapasan dengan truk-truk penambang yang mengangkut material dari Merapi. Debu dimana-mana, membuat poni Py seperti habis dipakaikan barbara sehingga mengeras.



Tujuan selanjutnya adalah Batu Alien, batu ini dinamakan alien karena bentuknya yang memang terlihat seperti kepala alien.


Sehabis dari Batu Alien kami pun balik menuju basecamp. Seru sekali ikut tour off road ini. Tips agar lebih maksimal menikmati adalah jangan duduk. Meskipun setelah itu jok nya jadi panas luar biasa akibat matahari yang bersinar dengan teriknya..haha..

Tujuan berikutnya adalah Keraton, padahal agak males balik kesini lagi. Tapi berhubung ada teman yang belum pernah jadi ngalah aja. Kami sampai di Keraton sudah jam 1 dimana adalah waktu makan siang sudah terlewat sejam. Bawaan cranky trus jadi sensi-sensian deh sama yang lain..haha.. Kalo dah urusan perut jadinya begitu deh. Makanya kalo mau ngetrip rame-rame gini tingkat toleransi nya mesti tinggi.

Kami muterin keraton dengan menggunakan jasa guide, detail banget deh si Bapak guide ngejelasinnya. Tapi berhubung ni otak dah gak nyambung karena lapar jadi lewat aja gitu penjelasannya. Buat yang pengen tahu silahkan di gugling sendiri yah..hehehe.. Saking malesnya Py gak ada tuh foto-foto pake hp sendiri disini, ada foto dikamera temen belum minta.

Abis jelajah keraton sebenernya pada mau ke Tamansari yang sukses ditolak oleh sebagian besar kami. Ya iyalah, udah lemes aja kakak belum makan.. Jadinya langsung mampir ke Dapur Sambal deh. Eh iya, mau minta maaf dulu sama pelayannya yang kena damprat saking lamanya cuma bawa sambel bawang doang..hahaa..

Overall makanan disini untuk menu sup iga sama kikil yang Py pesen enak. Cranky nya langsung hilang sekejap..hahaa.. Senyum kembali merekah deh, ga ada lagi sensi-sensian..haha..

Sup Iga nya enyaakk

Korban Keganasan
Kelar makan tujuan selanjutnya adalah Prambanan. Sepanjang perjalanan kami memilih tidur-tidur ayam. Sampai di Prambanan sudah jam 4.45 sore yang mana loket nya Candi Ratu Boko tutup jam 5 sore. Kami pun serasa berkejaran dengan waktu. Banyak yang bilang memang kalau untuk sunset lebih cantik di Ratu Boko daripada di Prambanan. Jadi selesai beli tiket Prambanan kami langsung ngebut menuju Ratu Boko.

Kami diturunkan didepan nya, Py pikir udah nyampe. Ternyata kudu nanjak naik puluhan anak tangga.. Ohh myy.. Di Krakatau aja Py milih duduk selonjoran gak sampe bukitnya saking capeknya. Apalagi yang ini? Tapi mengingat ingin lihat sunset yang cantik langsung dijabanin deh. Gak nyangka Py berhasil juga. Seperti dapat reward, sampe atas kami dikasi air mineral berukuran 330ml.

Tangga Menuju Candi, kelihatan kan terjalnya?
Dan Puji Tuhan Py membuat keputusan benar untuk memaksa diri naik. Sunsetnya indahhh sekalii kakakkkk.. Ahhh.. Priceless banget dehh.. Yang pada mau liburan ke Yogya wajib banget masukin Ratu Boko ke list nya.

Look look.. How beautiful the sunset!!!

Karena di Zoom nih, pen dapet pesawatnya.

Poseee
Pake hp standar aja udah keren sunset nya, apalagi yang pake SLR.. Ajibb dahh..

Tapi sayang banget, karena terlalu lama menikmati sunset kami gak keburu masuk ke Prambanan. Sudah ditutup. Jadi tiketnya buat kenang-kenangan aja dehh..


Di trip kali ini Py udah bertekat untuk nyobain Raminten, soale waktu ke Yogya tahun lalu gak keburu kesini. Syukurlah temen-temen pada setuju. Tapi warning dulu buat yang mau nyobain Raminten, kesabaran diuji sangat disini..hahaa.. Lamaaa bener makanannya datang. Tapi sudah ada tulisannya kalo memang kita kudu sabar disana.

Py pesen pepes tuna yang enak banget buat Py. Kelihatannya bakal pedes, tapi ternyata enggak. Minuman juga enak.. Buat kongkow tempat ini enak banget dan murah banget buat Py. Kita dah pesen macem-macem untuk bertujuh ehh total bayarnya gak sampe IDR 170k coba yah.. Ufff.. pengen balik lagii..





Ada yg flirting sama Pak Joko nih :D


Pulang dari Raminten kami balik homestay untuk mandiiii.. Butuhh air bangett.. Abis mandi masih jalan-jalan dan nongki di angkringan nyobain kopi joss. Tapi bersambung aja deh.. Dah gempor ni jari ngetiknya..haha :D



44 Comment:

  1. Emang py kalo ke raminten harus sabar.. hehee

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hooh Nic, lama benerrr dah disituu.. Klo di Jkt dah lama tutup kali yahh...hahaaa

      Delete
  2. Waah, pasti capek dan lapar bener ya itu di Kraton, hehehe :D . Kenapa nggak makan siang dulu aja sebelum masuk Kratonnya? :D

    Btw, museum Sisa Hartaku benar-benar memperlihatkan ganasnya awan panas ya, hmmm...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nahh itu dia, kalo makan dulu keburu tutup si keraton. Soale dia tutupnya jam 2 siang.. Jadi diburu dulu dehh..

      Iya banget ko, bener2 lumer itu barang2 saking panasnya.. :(

      Delete
  3. ih ternyata ngelait sunset di ratu boko keren yah..huhuhu nyesel dong 2 tahun lalu ke Yogya ga nyampe sunset disana, mudah2an bisa ke Yogya lagi.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya kerenn Dian, amin segera ke Yogya lagiii... Tar klo kesana ke Ratu Boko.. Jgn mepet2 perginya biar ga perlu naikin tuh puluhan anak tangga..hahah

      Delete
  4. Jalan-jalan barengan teman-teman bisa menghemat banyk ya Py :D Total habis berapa per orangnya?. Sayang dong ga bisa masuk Prambanan, tiket masuknya berapa?.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gak sampe sejuta kak Nel.. Iya enakan rame2 memang klo ngetrip di Indo, lebih hemat banyakk..ehhehe.. Iya nih gak masuk, tiket masuknya 30rb kak.. Tapi ada terusana sama candi boko 45rb ajahh..

      Delete
  5. wuah murmer ya udah kemana2 gitu ....
    Makan di Raminten itu enak banget kah Py?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Cha, murah kalo rame2..

      Klo dibilang enak bgt sih tergantung selera masing2 yah Cha. Tapi klo mau nyari tempat nongki yg tenang, trus biar berasa Jawa nya Raminten jgn dilewatkan..

      Delete
  6. Yah lagi2 deh waktu itu aku mau merapi tour pake jeep itu gabisa soalnya jeepnya lagi disewain semua ke anak2 sekolah lagi pada study tour ishhhh hahahaha... Tapi bagus yaaa merapinya... Dan sunset di ratu boko emang cakepppp banget.. Kak Py tiket masuk ke prambanan itu nonton sendratari bukan? Bukannya agak mahal yah tiketnya? Sayang banget gak jadi..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hah? Semua jeep gitu Re? kan ada banyak bgt keknya.. Ehh tp klo dah banyak rombongan gitu sih ogah juga yah.. Tar g bisa foto dgn leluasa..hehe.. Masuk prambanan nya 30rb Re, ga tau deh sama ada sendratari nya ato gak.. hiksss.. :(

      Delete
    2. Iya kak Py, lagi diseewain semua katanya kalo mau nunggu bisa tapi kan jam setengah 5 aja udah mau tutup ya itu tempatnya, eh dia nyuruh nunggunya sampe jam 4an yakaliii hahahaha... Gak jadi akhirnya..

      Delete
    3. Jahh.. Iya bener jangan maoo.. Rugi bentaran doang.. :D

      Delete
  7. yang di musium itu tulang2nya itu tulang bekas anjing ya? serem banget sih...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bukan anjing ko, tapi sapi..hiyyy.. emang serem bgt liatnya.miris.

      Delete
  8. Aduhh py, merapi nya bagus bangett yahhh....mendingan paspanas dong daripada hujan gak dapet langit biru nanti.....pas dulu ke prambananan ditawarin ke candi boko, tapi gak jadi karena siang hari mah biasa2 ajaya, harusnya pas sunset baru keren

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya betul ci, enakan pas panas. Tapi lebih perfect lagi klo malem sblumnya ujan,jadi ga gitu debu..Tp g ada yg perfect sih yah.. Iya kalo ke candi boko seruan pas sunset, krn disitu kerennya.

      Delete
  9. wah seru juga yach gw sering ke yogya tapi ngga perna sampe ke sono2 haha.. mantab ntar kalo gw balik mo cobain ke ratu boko dech.. eh btw itu ratu boko apa sich candi gitu?

    ReplyDelete
    Replies
    1. wajib ci, siapin kamera keren pasti sunsetnya lebih indah.. Iya ci, Candi Ratu Boko. Nanti ada tiket terusannya biar ga mahal. 45rb masuk prambanan sama candi ratu boko.

      Delete
  10. Whuaaa...
    seru sekali acara jalan2nya yah Py :)

    Etapi itu seriusan ada yang pake high heels diatas gunung sanah?...ckckck...
    Kalo lagi travelling gituh emang jangan sampe kelaparan yah Py, bawaannya jadi pengen ngomel..
    Mungkin lain kali pada bawa cemilan aja kali yah, biskuit atau coklaat gituh...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mba, rasa2nya pengen ngulang..haha..

      Iyaaa.. Sempet kami fotoin, cuma ga tau deh dimana tuh foto.. Highheels merahh bow..niatt bener..hahaha

      Udah ada cemilan sih mba, biskuit coklat sama roti tawar.. Yah tp namapun indo yah.. Klo belum nasi ya belum makan..haha

      Delete
  11. O iyaaaa...
    tentang drama korea, sekarang drama terbarunya Lee Min Ho The Heirs udah mulai tayang lhoooo dan lagi heboh banget diomongin, mari kita tunggu dvd nya sekitar 2 bulan lagi :)

    Trus katanya The Masters Sun sama Good Doctor juga bagus tuh...
    Tapi akyu masih belum sempet nonton tuh, masih rada ribet ama blog...hiks...*berasa gak gaul*

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wahhhhhhh... Lee Min Hoooo.. Baiklah mbaa, akan saya tunggu dvd nya dgn penuh kesabaraaannn..hehehe..

      Siap2 ngeburu tukang dvd sih ini namanyaaa.. Makasihh infonya yah mba.. :*

      Delete
  12. ahahaaa ya ampun Py, poni dipakein Barbara tolong masih sama kah pernak pernik salon di jamanmu ini? hahahahahaa
    Ah semoga kesampean ke Jogja niiih, tapi bakal beda banget sih itin-nya kayaknya hahahaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yippiee.. akhirnya ada yg perhatiin kalimat itu..hahaha.. :D skrg sih udah ga ada kak, tp waktu ngetrip kmren itu py sama 3 temen lain lgsg replek ngomong rambut kek dibarbarain.. ahha.. Pengalaman masa kecil pakein barbara mama diem2..haha..

      haha.. Iya lah kak, kalo bawa krucils mah pasti beda lah.. :D

      Delete
  13. py.. pengen ke jogja juga dehh.. terakir gw ksana kyk 10 taonan yg lalu pas gw masih SD. hahaha.. rafting.nya kyk seruu.. hehehe.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wahh.. Harus disegerakan ke jogja nya Jen, udah banyak tempat wisata baruu.. :D

      Delete
  14. terakhir ke Yogja waktu bulan madu... abis merit 3 hari, langsung ke yogya... bulan madunya sendiri tidak menyenangkan karena gw mens *halah pake diceritain segala*... akhirnya perjalanan ke yogya ga kemana2, cuma meringkuk dalam kamar hotel hahahaha :)
    mudah2an bisa kesana lage bawa anak.... :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jiahh.. Gak asoy geboy dongsss...hahahah *masih dibahas*

      Iyaaaa, seru tuh sekeluarga :D Aman kok nih adventure nya buat anak2..

      Delete
  15. Ya ampun Py, trip yg ini bikin ngiler dehhhh... kebetulan suami gw udah pengen bgt nyobain off roadnya Merapi. Moga2 kesampean dalam waktu dekat ini. Nanti nyontek itinerarynya yaaa :D

    BTW, 2 minggu yg lalu gw ke Krakatau gara2 baca review kamuuuu... BAGUUUSSS!!!! Pas di atas keren banget dehhhhh... Tp gw dateng lewat Carita sih. Thanks for sharing yaaaa :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Asikkk.. Puji Tuhan berguna..hihihi.. :p

      Ahhh, seru memang krakatau. sayangnya gw ga maksain diri ut naik keatasnyaa :( Tpi kereeen memangg..*liat foto temen*

      Delete
  16. Waah, seru banget jalan-jalannya! Badannya kuat juga ya jalan-jalan seharian gitu, dan malamnya masih dilanjut ke kopi joss, hehe....

    Kebetulan saya tinggal di Jogja, dan rumah saya di sebuah kecamatan yang ada di kaki gunung Merapi, hehe....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Haruss kuat dong klo pas ngetrip..ahaha :p sayang soale dah jauh2..ahaha...

      Wahh.. Iya yah? Seru dong tiap hari liat Merapi yg keren itu :D

      Delete
  17. bentar ketawa dulu...wakakakakakakakkakakakaka baru liat foto pertama aja udah ngakak abis..salut sama cueknya pose tengah jalan sampe diliatin motor yang lewat....hmmmm tour jeep skip ah... tapi yang ratu boko beuuuuhhhhh...langsung mencatat.... apa nggak dibuat jembatan layang keatas ya..hahahahaha tapi sih emang iya buat pemandangan kayak gitu...di bela belain deh :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahaha.. Pake prinsip "ahh. Mereka gak kenal kita ini" ya gak :p Kapan lagi kann..hehehe

      Pertanyaan yg sama Debz.. :p maunya naik turun ada cable car ato apa gitu kek di luar negri gitu..hahah :p

      Delete
  18. merinding Py liat reruntuhan merai dan bunkernya :( tapi itu sunsetnya bagus banget ya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bangett ci, Py aja langsung miris plus merinding.. :(

      Delete
  19. ini seru banget jalan2nya.. terus kalo liat dari rekap biayanya (dipost yang terakhir ya kalo ga salah) juga gak mahal yah.. kamu pinter banget cari2 rute dan akomodasi...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya ci, seru banget sampe bikin body pegell.hahahah.. Itu terbilang mahal banget ci ut ukuran Yogya. Tapi krn kita ada ikut2 adventure gitu jadi masuk akal biayanya. :D

      Delete
  20. Py..... naiknya jauh banget itu ya keliatannya, tapi jadinya dapet sunset yang menakjubkan yaa....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaaa mba Luk, tinggi dann jauhh.. Dan terbayar sih mmg sama sunset nya.. EH tapi klo pas gak buru2 ada jalan naik pake mobil kok ke atas, tapi muternya jauhh..

      Delete
  21. welcome to JOgja....... uyeay...... (TELAT....)hahaha
    ke pindul juga gag nih mbak....?
    kok gag kabar2 mbak mau ke jogja,, kalo kabarin kan sapa tau mau kasih aku oleh2 (haha KeBalik jeng...) :lol:

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya yahhh.. huhuu.. nanti deh kalo ke jogja lagii ku kabarinn..hihih.. Ke pindul dong, hari pertama justruuu :D

      Delete

Terima Kasih Sudah Berkunjung ^^, Semoga Betah yahh..