Diary Pacaran

Tuesday, April 23, 2013

Mulai Dari 0 (nol)

Source: Here
Yang biasa ngisi BBM di SPBU Pertamina pasti gak asing dengan kalimat "Kita mulai dari nol yah".. Itu juga yang sekarang sedang dijalani Py ma Ai. Kami berdua memulai benar-benar dari nol untuk semua rencana kami. Jadi kalau ditanya sekarang, modal kami cuma Iman dan Pengharapan :D

Py ma Ai beda usia gak sampai setahun sebenernya, tuaan Py. Tapi Py masuk SD umur 5 tahun, sedangkan Ai umur 7 tahun jadi otomatis beda angkatan jadi 2 tahun. Py kuliah jurusan Ekonomi yang mana 4 tahun kelar *gak bisa 3,5 tahun kak, 1 semester khusus magang.. jadi gitu deh* sedangkan Ai Teknik Sipil.. Kebayangkan anak Teknik itu kuliahnya lebih lama.. Tapi untunglah gak sampe mau di D.O. cuman 5 tahun aja kuliahnya. Abis kuliah Ai nyusul Py ke Jakarta, dan dimulailah perjuangan Ai dikota ini *tsahh bahasanya*.

Tapi nyari kerja di Jakarta itu gak gampang yah, Ai butuh 8 bulan sampai akhirnya ketrima di kerjaan yang sekarang. Sedikit bersyukur sih, soalnya Mamanya sakit dan berobat ke Jakarta. Jadi Ai bisa nemeni Mama nya selama bolak balik dan dirawat di Cipto. Lumayan lama juga sih penyembuhannya, sekitar 7 bulanan sebelum Mama nya pulang lagi ke Jayapura.

Sekarang kebayang dong Mulai dari Nol means bener2 dari Nol.. Kita mulai nabung pelan-pelan buat wujutin menikah next year..Amin.. Kita berdua sama sekali gak dapat sokongan dana dari keluarga sepeser pun. Bukan, bukan mereka gak merestui hubungan kami. Tapi karena kalo dari Ortu nya Py mereka sekarang lagi bangun kehidupan masa tua mereka dengan bikin kos2an. Dan tentu saja itu butuh dana yang luar biasa banyak, ditambah masih ada ade yang kuliah. Trus juga ortu nya Ai yang masih ngebiayain ade nya juga. Dan apa ini bikin kita berkecil hati? Tentu saja enggak dong. Py percaya, kalau Tuhan yang sudah menuntun hubungan kami sampai sejauh ini, maka Tuhan juga yang akan menyediakan semuanya yang kami butuhkan.

Maka dari itu, sekarang Py lagi nyari banyak ide untuk buat resepsi kecil dengan dana terbatas tapi tetep memiliki kesan yang luar biasa. Dana terbatas berarti harus muncul ide-ide kreatif untuk memaksimalkan dana yang ada. Beruntunglah kami berdua sesama perantau dimana gak ada teman2 dari orang tua, jadi gak akan ada namanya nanti nyalamin orang yang gak kami kenal. Sudah dapat perkiraan total tamu yang akan diundang dan gak sampe 400 orang, tapi dibuletin jadi 400 aja deh daripada kurang :p.  Nah kenapa bikin di Jakarta? karena ortu nya Ai di Jayapura juga merantau, disana mereka gak ada saudara kandung. Banyakan ngumpul di Jakarta malah. Nanti di Kotamobagu (SulUt) tinggal ibadah "Balas Gereja" aja gak pake pesta-pestaan.

Beberapa ide yang ada dikepala itu mulai dari, gak pake band akustik *padahaallll pengenn bangett tapi mahall kakakkk* tapi rekam di CD gitu lagu2 akustik yang kita pengen trus diputer deh pas acaranya. Trus nanti beli bahan aja buat baju ortu, nanti mereka jahit di daerah masing2 biar lebih murah ongkosnya..hahaha.. pelit mode ON.. Oh yahh.. Nyari vendor yang bayarnya bisa nyicill..haha.. Ini penting banget, makanya udah rempong dari sekarang biar bayarannya juga gak menyesakkan dada yahh.. Agak kaget lho baca forum Nikah 2014 di weddingku.com yang nikah Desember tahun depan aja udah pada DP gedung bridal dan kawan2nya.. Hebattt.. :D

So, kira-kira ide kreatif apa lagi yah yang bisa diterapkan untuk bikin pesta kecil dana terbatas tapi tetap semarak :D ??


32 Comment:

  1. pasti bisa lah.. sering2 browsing2 aja, kan sekarang emang lagi ngetrend yang namanya DIY (do it yourself). banyak banget lho segala macem DIY tutorial di internet... :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wahh.. Cepet bgt ko :p Owhh.. Baru ngeh DIY itu panjangnya itu toh..haha.. Iya ko, udah simpen2 beberapa tutorial buat DIY sih..

      Delete
  2. Py.... salut sama lo & Ai!! But dont worry.. Aku sama suamiku juga dulu bayar sendiri tanpa sokongan dari orang tua kami. Berat & banyak yg mesti dikorbanin sih emang. Tapi trust me, ntar pas liat hasilnya, puasnya beda :)
    And you're right, perlu iman & pengharapan banget. Sama, diantara kalian jangan jadi itungan. Good luck!!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih Di, kamu & suami mu juga hebat.. Sudah terbukti soale.. :D Jadi tambah semangat mau persiapin semuanya..hehe.. Iya nih, udah mikir bakal menghemat bgt jadinya. Tengkiu spirit nya yah Dian..

      Btw, dikau lebih seneng di panggil Dian apa Candela? :D

      Delete
  3. tos py...
    sama ko kitaaa... berusaha dari uang pribadi...
    cemungud yaaaa...tapi emg bener klo mw murah mending iket harga dari sekarang sih...aku aja menghemat 8 juta bwt photo lhooo, karna deal dari tahun lalu...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tosss Virr..
      Iya nih, udah lagi nabung banget buat tar juli mulai DP.. Semangaattt kakakk.. ^^,

      Delete
  4. Kalau jauh-jauh hari bisa dicicil-cicil apa yang harus di beli, atau DIY. Semoga semua berjslan lancar ya hingga hari H. Gbu ;).

    ReplyDelete
  5. py, entertainmentnya pake kita aja gimana? kan uda liat hasilnya tuh di youtube hahahahaha... ini malah jualan :D ato kalo perlu MC, laki gua uda sering koq ngeMC di wedding2 hahahaha...

    aku juga agak2 shock pas awal2 nyiapin nikah... kan dari 2012 tuh, yg marriednya taon 2014 uda pada dp ini dp itu, buat ngiket harga katanya hahaha... kalo uda fix dapet tgl dan uda tau mau dimana, mending dp deh... taon depan harga naik soalnya hahahaha...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wahhh.. Bener nih Mel? Mau dong tentunyaa.. tapii.. Penawarannya masuk gak yah :D ? *brb mau nabung dulu* hehe..

      Bukan senin harga naik yah Mel?haha.. Iya sih itu juga yg jadi pertimbangan ma si pacar. Smoga pas daku DP harganya masih yg skrg.. aminn..

      Delete
    2. kita sesuain ama budget km deh hahahaha...

      eh, tapi kamu masih 2014 kan? bikin daftar budgetnya dulu aja, deal-in vendor yang gede2 dulu.

      Delete
    3. Asikk asikk.. benerr yah :p

      Iya masih lama kok, jadi masih bikin listnya..

      Delete
  6. setuju ama mel... mending dia yang jadi entertainment nya aja... kan lucu tu yg di youtube :)

    iya ni aku juga bener2 mulai dari 0, meskipun ada bantuan dari kanan kiri tapi kita juga ngejagain dari bantuan itu, lebih puas rasanya kalo pake hasil sendiri... mana katanya kalo merid pasti ada rezeki... tentunya ada usaha juga yak... hehehehe...

    buruan DP2nya py.... sayang kalo harganya naek lagi... tapi py, kalo di sby, ntah ya kalo di jkt, pas kmrn aku nanya2 tentang gedung ya, dia nanya mau merid taun 2013 ato 2014, kalo 2013 akhir (di tanggal2 kosong) kita dapet diskon lebih... tapi otomatis kita cuma bisa pilih2 tanggal yang kosong, ga bisa semau kita...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya nih Rollz, lagi tunggu penawarannya brp..hehe.. Mau ngasah ilmu nawar dulu..hihii..

      Semangattt yah Rollz.. Berdoa semoga rejekinya lancarr kek keran di los.. Makanya Rollz, skrg lagi berhemat sehemat-hematnya buat DP nya..

      Delete
    2. wah harus ituu... sebagai cewe kita harus hebat dalam soal tawar menawar... iyaa ni lagi berhemat buat DP.. ada temennya juga tnyata... hehehe...

      Delete
    3. Ihiyy.. Semangatt yah Rollz!!

      Delete
  7. Hebat, py tekad kalian! Semangat ya. Yg penting bikin budget yg jelas dr awal dgn detail dan jgn mudah tergoda pengen ini itu. Resepsi cuma bbrp jam. Ga perlu mewah. Yg penting kan marriage life nya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nahh.. That's the point.. Marriage life nya yang qt persiapin bener2 sbnrnya... Tengkiu semangat nya bumil :D

      Delete
  8. Semangat ya py :)
    setuju sama dina. Resepsi cuma beberapa jam, marriage life nya yang paling penting ;)

    kalo menurut me, poin utama di DPin tempatnya py, kalo gaun, undangan, dll masih bisa di teken. Beberapa temen me cari vendor fotonya yang ga include album, jadi ya cuma video dan foto di cetak biasa aja. Tapi mereka 'bagusin' di prewednya :). Kalau ada kenalan yang baru mulai motret2 boleh juga py, kan sekalian dia buat portfolio juga..

    SOuvenir budget juga masih bisa diteken kok. Undangan bisa dicari ide2 unik yang simpel.

    Coba buka2 ruffledblog.com deh py, dulu me suka cari2 ide DIY disitu, and bule2 banyak yang keseluruhan wedding DIY loh.. Seru banget :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya bener Me, memang itu yg jadi concern utama gw ma pacar.. Kehidupan sesudah hari H.. Thanks semangatnya Me..

      Di Jkt kekurangan temen yg suka motret, adapun rada sungkan minta bantuan. Banyak di Manado sono..haha.. Tapi semoga pas berjalannya waktu bisa ketemu yah..amin.. Ini lagi diitung2 lagi budget nya mana yg kira2 bisa di hemat..

      Thanks web nya Me, langsung meluncur ^^,

      Delete
  9. kalo pake budget sendiri jangan cuma mikirin pestanya aja loh, tapi kalian juga harus ada tabungan buat rumah masa depan dan kalo-kalo langsung punya baby (gak ada yg bs prediksi kapan kita dikasih baby sama Tuhan). Belum2 kita jg harus punya dana darurat.. jadi diitung baik2 ya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tentunya :D Itu sudah ada dilist budget kok..Thanks sudah diingetin yah Mel ^^,

      Delete
  10. py coba cek pinterest, biasanya ada banyak ide disana

    ReplyDelete
  11. Hi, kunjungan balik nih...
    Congrats ya mo married, semoga lancar semuanya.
    Kita juga mulai dari nol marriage lifenya, karena mesti pindah ke tempat lain yang semua serba baru dan jauh dari keluarga n teman2. Kamu pasti bisa, semangat yah :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi Ci, terima kasih sudah berkunjung :D

      Terima kasih yah.. Wah, hebat yah ci sudah membuktikan bisa sukses dengan mulai dari nol. Terima kasih semangatnya.. Yiayy..

      Delete
  12. hi, kunjungan balik nih... ayo kamu pasti bisa.. dulu aku juga married pake tabungan sendiri.. ide kreatif apa ya, mgkn bisa kasih skala prioritas, jd yang mana yang perlu mahal yang mana yang engga.. terus yang mana yang bisa DIY.. bener deh yang masalah lagu dll aku ga inget lho nyanyi lagu apa aja.. padahal aku suka musik.. sama jumlah tamu pengaruh banget karena sebagian besar budget habis di makanan.. :) good luck ya.. banyak berdoa hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi Ci Bon, terima kasih sudah berkunjung :D

      Iya jumlah tamu sampe skrg udah ada kisaranya, semoga gak salah itung... Berdoa? Pasti ci, selalu.. Soale dapat kekuatan emang dari doa. :)

      Delete
  13. Py....kami dulu juga berjuang dari nol! percaya deh, rejeki buat nikah ada aja, aamiin
    gimana kalau pesta kebun kaya Marsha dan Vino, jadi abis nikah, makan-makan sama teman :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nahh.. Pengen bgt kek gitu mba.. Pengen banget.. Makanya lagi nyari2 venue nya juga sama diitung2 lagi budgetnya.. Thanks ide nya yah ^^,

      Delete
  14. Sukses yah Py dan Ai...
    Semoga semuanya dilancarkan...

    ReplyDelete

Terima Kasih Sudah Berkunjung ^^, Semoga Betah yahh..