Diary Pacaran

Wednesday, November 20, 2013

Ketika Cinta Terhalang Restu..

...Aihhh.. Drama bener yakk judulnya..hahah :p

Sebenernya pembicaraan sama temen ini udah dari sebulanan yang lalu, cuma baru ada mood nya sekarang.

Jadi waktu itu sebenernya mau ngegym, tapi entah kenapa Py yang habis makan biasanya langsung cabut malah duduk nemenin temen (sebut saja dia Ira). Ga lama suaminya (sebut dia Ari) dateng.. Ngobrol bentaran trus si Ari ini tiba-tiba tanya gimana soal kelanjutan pernikahan Py ma Ai..

Py bengong, tapi gak bisa nyalahin si Ira juga yah.. Secara kan dia sharing ke suami nya yah bukan orang lain. Jadi dibikin asik aja deh dengan ngelanjutin pembahasan. Trus dari situ baru ketahuan kalo ternyata mereka juga dulu ngalamin yang namanya gak direstui sama orang tuannya Ira.


Jadi mirip nih ceritanya sama Py ma Ai, bedanya cuma yang Batak itu si Ira, jadi si Ari kudu beli marga gitu kan. Yah katanya sih lebih ribet.. Belum paham betul nih soal adat Batak, jadi mohon pencerahannya buat yang tau yah..hehe

Source: Wolipop.com
Nah balik ke cerita si Ira & Ari. Mereka dari awal pacaran udah ditentang bener-bener sama mamaknya si Ira. Sampe si Ira ini dikenal2in lah sama cowo Batak, dengan harapan Ira bisa berpaling dari Ari. Tapi namanya udah cinta yah, mau dipisahin kek apapun tetep aja lengket. Sampe-sampe Ira berantem dan gak ngomongan sama mamaknya. Tapi Ari ngasih tahu Ira kalo cara itu gak bener. Dan Ari ngajakin Ira untuk tiap malam berdoa secara online (doa melalui telpon) untuk hubungan mereka berdua. Ada kali setahunan mereka bergumul untuk hal ini. Dan cara Tuhan bekerja memang sangat misterius.. Suatu hari tiba-tiba mamak nya Ira nanya gimana keseriusan mereka berdua. Kalo mau segera menikah sebelum mamak nya berubah pikiran.. Nah lhoo..

Kalo kata si Ari "Gue seneng banget Py, tapi abis itu gue mikir.. Kan nikah Batak itu mahal yah, emang duit gue cukup".

Dan kembali Tuhan bekerja dengan cara-Nya yang ajaib, ada aja jalannya.. Semua pintu terbuka dengan lebarnya kalo kata Ari. Jadi katanya kalo di Adat Batak itu untuk beli marga ribet banget, mesti melalu i beberapa proses dan itu butuh biaya yang lumayan banyak. Tapi berkat Tuhan selalu ada, seharusnya melalui beberapa tahap untuk membuat marga tapi dari pihak calon ortu angkatnya di buat simple dan biaya yang di butuhkan jg ga banyak. Cukup dengan seekor babi, ngundang keluarga kedua belah pihak dan saudara2 deket maka terlaksanalah acara pemberian marga tersebut. Tapi ada juga yang katanya diminta kerbau segala, untungnya calon ortu angkat ini malah gak mau pake kebo.. Katanya si kebo suruh bajak sawah aja.. *mulai ngaco*.. Jadi abis itu dipestain deh untuk ngasih marga ini.

Singkat cerita Ari dan Ira ini akhirnya menikah dengan restu penuh dari keduabelah pihak. Mereka ngadain nikah adat di Sumatera Utara sana dan Resepsi dengan adat Jawa di Jakarta.

Py pas denger kisah mereka ini bener-bener terharu. Memang yah tiap pasangan itu beda-beda. Ada yang lancar dapat restu ada yang butuh perjuangan, ada yang malah udah berjuang tapi tetep aja gak dapat restunya. Dikasus Py sih masih belum tau dapet atau gak nya. 

Tuhan memang turut campur, tapi Iman tanpa perbuatan kan tetep aja mati yah. Jadi selain berdoa dia juga tetap berusaha. Dan Ari berbaik hati berbagi tips gimana caranya untuk menangin hati ortu nya Ira.

1. Jangan sampe ada acara berantem sama orang tua karena masalah restu ini. Karena hal itu justru menambah poin negatif dari keluarga pasangan kita. Justru kita harus membuktikan ke orang tua dan keluarga kita kalo saat kita berpacaran dengan pasangan kita, kita menjadi orang yang jauh lebih baik.

2. Saat kita ngobrol dengan ortu atau keluarga lainnya, jangan lupa untuk menyisipkan cerita-cerita membanggakan yang diraih pasangan kita. Misal ini calon saya S2 lho Ma, trus orangnya jago masak, waktu saya sakit dia yang masakin.. Atau cerita2 lainnya yang bisa membuat penilaian keluarga kita lebih baik ke pasangan.

Update: Bener kata Dian, untuk poin 2 ini dilihat-lihat dulu sifat ortu pasangan yah :D Kalo nemu yang kompetitif sih bisa bahaya, tar malah disensiiin :D

3. Bawa terus dalam doa dan permohonan. Minta Tuhan campur tangan. Kalau memang sesuai rencana dan kehendak-Nya pasti akan dibuka semua pintu untuk kita. Asal jangan maksa, pokoknya akan terasa bedanya yang maksa sama yang bener-bener ber-iman.

4. Nabung!! Biar kalo udah direstui buru-buru dinikahin..hahahah.. Daripada berubah pikiran lagi ya kan... :p 

Fiuhhhh.. So far sih Py ga ngerti selain nabung cara-cara diatas udah dijalanin sama si Ai atau belum. Kalo dia beneran sayang sih harusnya ada usaha dari Ai yah :p

Balik nyanyi.. "Biar mamamu tak suka, papamu juga melarang... Walau dunia menolak ku tak takut...Tetap ku katakan ku cinta dirimu oooh"


P.s: Py nulis ini dalam situasi hati yg penuh sukacita yah :D Bukan bermaksud mengeluh, cuman ingin sharing pengalaman aja. Siapa tau dari yg baca blog ini juga sedang ngalamin hal yang sama dan bingung harus ngapain.. Ya siapa tahu :p

43 Comment:

  1. semangatt ya pyy *pelukpypy* Setiap pernikahan pasti ada aja prosesnya.. Daku sendiri juga mengalaminya walau bukan direstui. tapi terus semangat dan bawa dalam doa, Tuhan pasti buka jalan untuk Ai dan Py.. *cheerss*

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya betul Pi, masing2 ada ujiannya. Pasti selalu dibawa dalam doa.. :D Tengkiuu supportnya yahh dear :D

      Delete
  2. Py.. semangatt ya.. Doa bareng2 trus gumulin bareng2 itu asik loh..lebih tenang, dan gw yakin Tuhan pasti denger doa mereka yg sunguh2 *tsaahh* hahaha..
    Semangat ya, smua bakal indah pada waktuNya, py! *hug*

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tengkiuu Mei supportnya, selali digumuli sama" kok pastinya :D

      Delete
  3. Wahh dilema juga yah py ....teuteup semangat dan berdoa terus....Tuhan pasti buka jalan...

    ReplyDelete
  4. temen gua juga ada yg chinese tapi married sama org batak dan ga disuruh beli marga segala... gua pikir itu wajib kudu, ternyata tergantung keluarganya masing2 ya...

    semangat ya py...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo itu emang harus ada kesepakatan sama2 Mel. Berat kalo dah nyengkut ke keluarga..hehe

      Tengkiuu Mel :D

      Delete
  5. semua tipsnya manjur itu mbak :D kebetulan saya orang Batak dan menurut pengalaman saya, banyak koq yang menikah tidak dgn sesama Batak dan pasangannya tidak dibikin marga. Jadi tidak ada beli marga. Tapi tentu hal tsb atas kesepakatan kedua keluarga ya, mbak :) Dibilang pernikahan Batak mahal, menurut saya tidak. Tergantung dengan sebesar apa dana yang kita punya :) Tetap semangat ya mbak. Kalau memang jodoh, pasti semuanya lancar. Kalau tidak jodoh, pasti ada saja halangan2 yang membuat mbak tidak jadi dengan kekasih mbak itu :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya betul, memang harus kesepakatan yah :D Iya sih, dipikiran gw nikah Batak itu mahal.. secara proses nya juga kan panjang yah :D Tapi percaya lah yah berkat pasti akan ada aja yah :D

      Aminn.. Gw percaya itu Mes ^^, Btw, panggil Py aja..hehe

      Delete
  6. Py,

    Aku doakan untuk kamu dan Ai supaya lancar ya mendapatkan restu orang tua. Dibawa kedoa dicampur tips diatas. Aku juga akan doain kalian deh, siapa tahu membantu :-)

    Adikku tahun lalu menikah dengan orang Batak. Supaya lancar, keluarga kita (Jawa - Manado) sepakat ngikutin adat batak dari acara di gereja sampe adik aku dapet marga bataknya. Mamaku sih yang penting nikah resmi, itu cukup.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Amin! Makasih doanya mba Yo :D Pasti sangat membantu :)

      Sama sih mba, keluarga ku juga simple jadinya ikutin aja. Yg penting nikah sih kalo kata Mama ku..haha.

      Delete
  7. Wah, perjuangan yang berbuah manis... :)

    Aku sudah mulai nabung nih. Jadi nanti pas sudah dapat calonnya, langsung nikahin, hahaha....

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahaha.. Betull ituu.. Nabung itu wajib yah, udah bener disiapin dr jauh2 hari :D

      Delete
  8. Semangat ya Py, mudah-mudahan lancar ke depannya :D

    ReplyDelete
  9. Py... If it yours, then it yours :). Percaya aja, Tuhan udah siapin semua yang terbaik buat kalian berdua, bahkan dari sebelom kalian dilahirin. Semangat Py!

    Eh, buat point nomer 2 yaaa.... mesti liat-liat orang tuanya sifatnya kaya apa. Kalo tanteku, orangnya ambisius (alias ga mau kalah yaaa..). Waktu sepupuku bilang pacarnya pinter masak, tanteku malah sensi abis-abisan hahahaha^^.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ahh betul banget Di, itu yg gw dan Ai imani :D

      Haduhhh bener jugaa yakk.. untung diingetinn.. Tengkiuu lhoo Di..hihih :p

      Delete
  10. kalo tujuannya baik pasti ada aja lah jalannya dibuka sama Tuhan... :)

    ReplyDelete
  11. Insya allah py, dimana ada usaha disitu aja jalan, kalo emang udah jodoh segala halangan dan rintangan pasti akan dimudahkan, tentunya juga berdoa agar hati orangtua dibukakan :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aminn Dian, selalu berdoa ut itu LD Tengkiuu yahh ^^,

      Delete
  12. Py, semoga dilapangkan jalannya sama Ai, ya...
    Aduh, aku nggak berani komen terlalu banyak, soalnya takut salah, hihi...
    Alhamdulillah waktu tahun 2003 ngajuin baginda raja ke hadapan ibu dan kakak2ku (yang jumlahnya 14 biji itu, haha) semuaaaa setuju. No drama-drama-an. Lucky me.. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahah.. Siapa yg berani menyalahkan Baginda Ratu coba? Siapaa :p

      Iya lucky banget mba Fit!! Jodoh bener dah itu namanya.. Lancarr jaya kek jalanan Jkt pas lebaran :p

      Delete
  13. semangat py...emang harus selalu dbawa dalam doa...
    apapun jalannya Tuhan pasti tau yg terbaik buat kamuh en Ai...hihihihi *peluk pypy*

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yupss.. Selalu Vir :D

      Aminn amin.. Tengkiuu Vir *peluk balik* *trus merasa ada yg salah*..hahaha :p

      Delete
  14. Semangat kak Py, bawa dalam doa aja terus. setuju sm ko Arman kalo buat tujuan yang baik pasti Tuhan buka jalan :))))

    ReplyDelete
    Replies
    1. Selaluu semangat Re... :D Tengkiuu supportnya :D

      Delete
  15. Py, tenang aja, love does conquers all. Gimanapun yang namanya orang tua pasti ingin anaknya bahagia.
    May dan Bandi juga dulu ditentang orang tua Bandi Py.. Kita sempet putus 5 bulan terus Bandi memutuskan untuk step up dan blg ke mamanya dia nggak peduli trus akhirnya kita balikan lagi. Pelan2 kita buktiin ke mamanya Bandi kalo kita serius dan ada bbrp hal lain lah yang agak personal.
    Pokoknya intinya, cobaan itu justru bikin kamu dan Ai jadi makin kuat, Py. =)
    Jadi terima sebagai berkat aja yah. ;)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener May, klo tar qt jadi ortu juga pasti ngelakuin hal yg sama yah.. Tengkiuu Support nya May.. :D Senang bgt yah skrg dirimu dan Bandi dah metik hasil dr usaha kalian :D Smoga gw dan Ai bisa mengikuti :)..

      Delete
  16. Hi Py, semangat yaaa, it's good that you wrote this with a grateful heart :) memang bener dibawa doa dan juga brusaha buktiin kalo dengan berdua kalian jadi pribadi yg lebih baik :) Gbu

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehe iya ci Bon, smoga klo ad yg lagi ngalamin juga trus baca bisa dpt sedikit pencerahan.. Harapannya :D

      Aminn ci, itu yg sedang kami lakukan. Gbu too Ci Bon :')

      Delete
  17. semangat ya py, klo udah jodoh mah ga kemana hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aminnn :D Tengkiuu yah Neng Fey :D

      Delete
  18. kawinan Batak itu emang mahal karena banyak adat2nya hehe. ehh tapi biaya kawinan di sumatera emang mahal sih :) apalagi kalo dapet yg nias, grhhhhh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Owhh iya, temen kasih tau tuh.. Klo Nias tuh lebih panjang yah katanya.. Trus pake diarak keliling kampung..huahhaa :p Ga kebayang deh ahh..haha

      Delete
  19. Py...*peluk erat*
    semangat yaa kawan, semua sudah diatur ma Tuhan tinggal kita menjalani dan mengimani semuanya
    dibawa selalu dlm doa dan berserah semua pada tuhan, pas baca postingan mu agak tersentak juga yaa...tp memang sih urusan dengan keluarga itu hal simple menjadi ribet hehehee

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, pasti orang tua kan punya jalan pikirannya sendiri yah :D Dan yes, mereka mau yg terbaik buat anaknya.. Jadii Hanya bisa berharap dan berdoa.. Thanks supportnya Mir :D

      Delete
  20. perasaan dulu uda komen kok ga ada ya...

    tetep semangat ya Py, biar bagaimana pun juga restu ortu itu sangat2 berarti karena keluarga itu penting :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wahh.. Nyelip dimana yah ci? heheh..

      Iya ci Deb, selalu semangat. Setuju ci, emang sabar ut nungguin restu nya.

      Delete
  21. Cemungud Py. Segala sesuatu indah pada waktunya :)

    Salam kenal yah ceu hihi :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasihhhhh ceceuu Kristin :*

      Delete

Terima Kasih Sudah Berkunjung ^^, Semoga Betah yahh..